banner 468x60 banner 468x60

Perbaikan Jalan di Kabupaten Tangerang Lampaui Target

Ramzy
9 Nov 2018 00:07
KONTAK KAMI 0 378
2 menit membaca

TIGARAKSA – Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, merilis progres pembangunan jalan dan jembatan diwilayahnya selama periode Januari – Oktober 2018.

Hingga akhir Oktober, realisasi pelaksanaan kegiatan proyek APBD, diklaim telah melampaui target, yakni sebesar 77,96 persen.

“Target kami 76,34persen. Namun, hingga akhir bulan ini sudah mencapai 77,96 persen. Artiya, realisasi pembangunan perbaikan jalan di DBMSDA sudah lebih dari target,” ungkap Kepala Dinas DBMSDA Kabupaten Tangerang, Slamet Budi.

Dari jumlah tersebut ada dua jenis jalan yang diperbaiku yakni, jalan baru yang sudah dibeton mencapai 20 kilometer dari target 12 kilometer. Sedangkan jalan desa yang sudah diperbaiki mencapai 508 kilometer dari 348 kilometer.

Ia mengungkapkan kualitas jalan yang dibeton lebih tahan terhadap air di bandingkan jalan yang hanya diaspal dan hotmix. Karenanya jalan beton cenderung lebih kuat dan tahan lama dari mengalami kerusakan.

“Ini sudah melampui target. Untuk kualitas jalan bertahan sampai dengan lima tahun, itu pun kalau tidak dilalui kendaraan berat,” ungkapnya.

Namun diakui Slamet Budi, peningkatan kualitas jalan de ngan cara dibeton membutuhkan anggaran yang besar.

‘’Karena itu, pola penanganan jalan baru sebatas untuk memenuhi ke butuhan masyarakat dalam aktivitas sehari-hari,’’ ungkapnya.

Ia juga meminta agar masyarakat ikut berperan aktif menjaga dan memelihara jalan tersebut. Caranya dengan tidak membawa kendaraan dengan muatan yang melebihi tonase.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait tentang penerapan jam operasional bagi truk-truk besar untuk melintasi jalan-jalan di Kabupaten Tangerang,” tandasnya. (zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan