Dindik Kabupaten Tangerang Siap Hadapi UNBK Tingkat SMP

Ramzy
14 Mar 2019 11:24
2 menit membaca

Kepala Bidang SMP Dindik Kabupaten Tangerang Fahrudin.

TANGERANG – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP yang akan berlangsung pada 22 April 2019 mendatang, Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang menyatakan siap dalam menghadapinya.

UNBK adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini masih banyak sekolah yang menggunakannya.

Kepala Bidang SMP Dindik Kabupaten Tangerang Fahrudin mengatakan, bahwa sudah siap dalam menghadapi UNBK ini. Rangkaian pelaksanaan sudah disiapkan, mulai dari sosialisasi, bedah SKL dan kisi-kisi pihaknya sudah jadwalkan.

“Beberapa hari yang lalu melakukan sosialisasi UNBK kepada seluruh kepala sekolah penyelenggara dan hari ini sedang berlangsung bedah SKL dan Kisi-kisi di Yasmin,” ujarnya, Kamis (14/3/2019).

Ia menambahkan, bahwa dalam menghadapi masalah-masalah yang akan terjadi menjelang atau saaat berlangsungnya pelaksanaan UNBK tahun 2018, Dindik Kabupaten Tangerang sudah melakukan kordinasi dengan beberapa pihak terkait.

“Masalah listrik kami sudah berkordinasi dengan PLN Tangerang dengan memberikan surat pemberitahuan agar tidak memadamkan listrik saat pelaksanaan UNBK berlangsung. Adapun tentang kehilangan komputer, kami susah mengingatkan kepada seluruh kepala sekolah penyelenggara agar mengaktifkan penjaan malam di sekolah,” pungkasnya.

Diketahui, untuk tahun 2019 ini ada 166 sekolah yang mengikuti UNBK dan 201 sekolah masih menggunakan UNKP atau Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil. (res)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan