Siaga Saat Mudik, Dinkes Cilegon Siapkan Public Safety Center 119 

Ramzy
29 Mei 2019 18:48
2 menit membaca

CILEGON – Dinas Kesehatan Kota Cilegon meminta para pemudik untuk menghubungi layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119 apabila terjadi kejadian gawat darurat kesehatan saat perjalanan mudik. Hal itu juga untuk mendukung kelancaran dan keamanan saat mudik 2019.

“Pelayanan ini siap siaga selama 24 jam, jadi jangan ragu untuk menghubungi 119. Kami akan siap melayani para pemudik kapan pun dan di mana pun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Arriadna, Rabu (29/5/2019).

Fokus kesiapsiagaan layanan tersebut, diberikan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, pemudik sakit, pengemudi tidak fit, dan kurang paham kesehatan.

PSC 119 bertujuan untuk mempercepat respon penanganan korban untuk menyelamatkan jiwa dan mencegah kecacatan, dibentuk jaringan koordinasi PSC 119.

“Layanan PSC 119 ini bisa diakses langsung masyarakat yang membutuhkan pertolongan di bidang kesehatan. Dengan menelepon ke 119 petugas akan menanyakan jenis pertolongan apa yang dibutuhkan, lokasinya di mana?, nanti akan ada tim yang datang mereka akan melihat apakah perlu dibawa ke rumah sakit atau cukup ke puskesmas. Prinsipnya diarahkan ke faskes yang terdekat,” tandasnya.

Dinkes Kota Cilegon juga menyiapkan pos kesehatan sebanyak 5 posko di lima titik. Dan akan dibuka full time 24 jam untuk para pemudik.

“Hal itu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk cek kesehatan, Posko kesehatan ini telah siap dan berlangsung selama H-7 dan H+7 lebaran, begitupun pelayanan kesehatan lainnya juga siap selama 24 jam, tenaga kesehatan juga tetap bekerja dengan sistem shifting tentunya ,” tutupnya.(wan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan