Melalui P4GN, BNNP Banten Ajak Masyarakat Perangi Peredaran Narkoba

Ramzy
21 Agu 2019 16:58
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten, Brigjen Pol Tantan Sulistiana mengajak masyarakat dan elemen lainnya di daerah ini untuk bersama-sama mencegah peredaran narkoba di Banten.

Ajakan itu disampaikan Tantan saat menghadiri rapat sinergitas penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba di Hotel Amaris Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Rabu (21/8/2019).

“Kepada lapisan masyarakat untuk menjadi satgas pelapor dan kerja sama dengan BNNP Banten yang berkomitmen memberantas peredaran narkoba,” kata Tantan.

Menurutnya, kejahatan narkotika saat ini sudah menjadi sangat global dan sudah masuk ke dalam suatu kejahatan yang terorganisir.

“Dengan penyebaran informasi yang dilakukan dengan turun langsung ke lapangan, seperti ke sekolah dengan ikut serta dalam kegiatan LPSN dan itu bisa sangat dirasakan dalam menekan peredaran narkoba,”tuturnya

Tantan menjelaskan, penyalahgunaan narkotika mayoritas banyak digunakan oleh anak berumur 18-25 tahun, dan 26,5 persen pengguna narkoba banyak didominasi oleh pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Untuk itu kata dia, BNNP Banten perlu melakukan langkah-langkah sebagai regulasi pemerintah terhadap masyarakat, antara lain, mengadakan sosialisasi P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba) terdahap masyarakat, mengadakan aksi pencegahan peredaran di wilayah Banten, dan memberikan pengetahuan kepada instansi-instansi pemerintah tentang bahaya narkoba, mengadakan cek urin gratis kepada masyarakat, dan memberikan sarana rehabilitasi kepada pengguna narkoba.

“Kami berpesan terhadap masyarakat agar tidak terjerat narkoba, jangan coba-coba menggunakan narkoba. Pilih teman atau sahabat yang baik, dan terapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan yang baik dan olahraga, serta tetap berpikir positif,” katanya.

Melalui program desa bersinar, lanjut Tantan, penyuluhan dan pencegahan pengawasan yang diikuti kepala desa sebagai satgas dan masyarakat sebagai relawan pencegahan narkotika.

Sementara itu, Kepala BNNK Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus berusaha menangkal peredaran narkoba. Salah satunya dengan memperkuat kerja sama dengan penegak hukum.

“Pemerintah daerah juga sangat mengapresisi dengan program Desa Bersinar (Bersih Narkoba) ini, dan kami juga akan meninjaklanjuti seletah kegiatan ini,” terangnya.(Sad/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan