banner 468x60 banner 468x60

Ratusan Buruh KSPSI Tangerang Meluncur ke Jakarta

Ramzy
21 Agu 2019 11:51
KONTAK KAMI 0 458
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) 1973 Kabupaten Tangerang berkumpul di wilayah Citra Raya dan melintas di Jalan Raya Serang, Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang, Selasa (21/8/2019).

Ratusan buruh ini selanjutnya akan menuju ke Jakarta untuk bergabung dengan aliansi buruh lainnya di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Kesatuan buruh ini membawa berbagai tuntutan yang salah satunya adalah kenaikan gaji dan penghapusan sistem kerja kontrak, lalu menolak dengan adanya revisi UUK no 13 tahun 2003.

Ketua KSPSI 1973 Kabupaten Tangerang Imam Sukarsa selaku korlap aksi menyampaikan, bahwa kurang lebih sebanyak 800 warga yang tergabung dengan Kota Tangerang, Tangsel yang akan meramaikan aksi buruh yang diselenggarakan siang ini di depan Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat.

“Kami bersama menolak atas PHK tanpa pesangon, PKWT dipermudah, outsorching, TKA yang merajalela, dan jaminan pensiun hilang,” ujarnya .

Selain itu, kata dia, unsur perlindungan Negara (kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan baik mental maupun fisik tenaga kerja). Kemudian kontrak kerja yang seharusnya 3 tahun bisa permanen, tetapi dengan revisi tersebut menjadi 5 tahun.

“Dalam revisi juga, tidak ada batasan tenaga kerja asing menduduki jabatan apapun di perusahaan dan Skorsing dibatasi selama-lamanya 6 bulan dan diberikan upah hanya 50%,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, masih banyak lagi pasal yang pro tehadap buruh diubah bahkan ada juga pasal yang akan dihapus.(res/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan