Pemerintah India Pelajari Program Gebrak Pakumis di Kabupaten Tangerang

Ramzy
31 Okt 2019 17:41
1 menit membaca

TANGERANG (SBN) — Pemerintah Kabupaten Tangerang kedatangan tamu luar negeri, yakni dari Deputi Urban India. Kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari program Gerakan Bersama Rakyat, Atasi Kawasan Padat, Kumuh, dan Miskin (Gebrak Pakumis).

Mereka belajar di Kabupaten Tangerang, Pasalnya, program yang dicanangkan oleh pemerintah daerah ini dinilai telah berhasil dalam memperbaiki sanitasi, kawasan padat dan kumuh.

Dalam penjelasannya, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pemerintah India memiliki program sanitasi dibawa arahan Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH) yang sama dengan Pemkab Tangerang.

“Dari program itu, yang berhasil hanya di Kabupaten Tangerang. Jadi mereka tertarik studi banding,” ujar Zaki, Kamis (31/10/2019).

Tidak hanya itu, kata Zaki, Pemkab Tangerang juga nantinya akan melakukan obeservasi ke India untuk mempelajari program yang sama.

“Dari India belajar, mungkin juga nanti yang berhasil di India. Kita nanti akan belajar ke sana,” jelasnya.

Pemerintah India juga telah memiliki program hampir sama dengan Gebrak Pakumis, yakni program 10 juta unit rumah untuk masyarakat miskin. “Kita diundang ke sana untuk melihatnya,” ucap Zaki.

Adapun program sanitasi di Kabupaten Tangerang yang dijelakan ke Pemerintah India yakni yang berbasis sekolah. “Keberhasilan Gebrak Pakumis di pondok pesantren dan sekolah, kita paparkan,” tandasnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan