banner 468x60 banner 468x60

Siswa SD Badak Anom Dilatih Simulasi Tanggap Bencana

Ramzy
7 Nov 2019 12:27
KONTAK KAMI 0 411
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Tidak seorang pun bisa memprediksi kapan bencana melanda, termasuk bencana gempa bumi dan tsunami. Datangnya bencana seringkali membuat panik warga, meski hal ini sebenarnya cukup wajar. Namun tidak bisa dipungkiri, justru kepanikan semacam ini kadang malah menimbulkan banyak korban jiwa.

Sebagai upaya untuk dapat mengenalkan para siswa akan apa tindakan yang harus dilakukan pada saat terjadi gempa dan tsunami, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, menggelar acara simulasi mengenai kondisi tanggap bencana gempa dan tsunami, Kamis, 7 November 2019.

Dalam kegiatan tersebut, para guru dan warga sekolah ikut terlibat dalam simulasi bencana gempa bumi ini. Begitu ada tanda bencana, para siswa tampak sudah terlatih untuk tidak panik.

“Bagaimanapun bencana datang tidak bisa diprediksi. Maka evakuasi mandiri harus dikenalkan dan dilatih sejak dini agar mereka bisa menyelematkan diri sendiri,” ungkap Kepala Sekolah SDN Badak Anom Hudallah.

Hal ini kata Huda dirasa penting mengingat bencana gempa bumi kerap melanda Banten. Tentu harus ada kewaspadaan dan kesiapsiagaan lebih tinggi jika bencana melanda.

“Kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, tetapi arahnya kedepan ada poin-poin yang bisa diambil dari para siswa,” tuturnya.

Adapun materi simulasi kebencanaan yang diberikan mulai manajemen pelatihan risiko bencana hingga pelatihan pertolongan pertama kedaruratan.

Tak hanya simulasi bencana, SD Badak Anom juga menggelar cuci tangan bersama, baca doa bersama dan baca buku bersama di halaman sekolah mereka.(Sadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan