banner 468x60 banner 468x60

207 KK Terdampak Banjir, BPBD Salurkan Bantuan di 3 Kelurahan

Joe
31 Jan 2020 17:57
KONTAK KAMI 0 766
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Hasil penaksiran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon di wilayah Kecamatan Ciwandan atas banjir yang terjadi hingga menutup badan jalan nasional pada 29 Januari 2020 kemarin,  ada 4 kelurahan yang terdampak, yaitu Kelurahan Kubang Sari, Tegal Ratu, Kepuh, dan Warnasari.

Kepala Bidang Darurat Logistik (Darlog) pada BPBD Kota Cilegon, Ahmad Mafruh, mengatakan bahwa untuk yang terdampak banjir kemarin (Ciwandan) Pemerintah Daerah melalui BPBD sudah mengirimkan bantuan ke tiga kelurahan, yaitu Tegal Ratu, Samang Raya, dan Kubangsari. Bantuan yang dikirimkan berupa makanan instan seperti mi, air minum kemasan, makanan instan lainnya, dan alat-alat kebersihan.

“Alhamdulillah, kami dari BPBD hari ini sudah mengirimkan bantuan berupa makanan instan di tiga kelurahan,” ujar Ahmad Mafruh, Jumat (31 Januari 2020).

Mafruhi melanjutkan, berdasarkan hasil penaksiran, penyebab banjir tersebut adalah gorong-gorong di bawah jalan nasional kurang memadai.

“Secara infrastruktur, gorong-gorong di bawah jalan nasional tidak memadai, seperti gorong-gorong di bawah jalan PJKA itu kecil. Otomatis, jika ada kiriman dari arah hulu Kecamatan Mancak, aliran air tersendat dan tidak langsung ke laut,” tandas Mafruhi.

Pemerintah Daerah telah melakukan rapat bersama OPD (organisasi pemerintahan daerah) terkait, seperti BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, dan lainnya, termasuk Sekda selaku Kepala BPBD. Dalam rapat tersebut dilaporkan hasil penaksiran tersebut dan dicatat untuk dilaporkan ke pihak yang berwenang,

“Kita sudah melakukan rapat bersama OPD terkait,  dan akan di laporkan ke Satker Provinsi terkait gorong-gorong yang ada di bawah jalan nasional,” tambahnya.

BPDB juga sudah mengimbau masyarakat melalui kecamatan dan kelurahan agar masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan dan mau bergotong royong guna kenyamanan bersama.

Jumlah warga terdampak banjir 29 Januari 2020 adalah 31 KK (kepala keluarga) di Gunung sugih, 68 KK di Kubang Sari, dan 108 KK di Tegal Ratu. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan