banner 468x60 banner 468x60

10 Situs Web OPD Pemkot Cilegon Diretas: Hingga Kini Belum Bisa Diakses

Joe
10 Mar 2020 13:56
KONTAK KAMI 0 499
1 menit membaca

CILEGON (SBN) — 10 situs web milik OPD Kota Cilegon diretas (di-hack) pihak yang tidak diketahui sejak Senin (9 Maret 2020). Sampai hari ini, Selasa (10 Maret 2020), 10 situs web itu masih belum dapat diakses.

10 situs OPD yang diretas adalah 1) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo),  2) Dinas Pendidikan (Dindik), 3) Dinas Kesehatan (Dinkes), 4) Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH), 5) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), 6) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS), 7) Dinas Perhubungan (Dishub), 8) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), 9) Dinas Sosial (Dinsos), dan 10) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Dalam tampilan situs web milik OPD Cilegon yang diretas ada gambar kartun orang yang terlihat bewokan dan bergamis sedang berbaring santai dengan keterangan “Hacked? By Chu404” dan di bawah gambar ada tulisan, “Apapun Yang Tejadi Di Web Anda ?? HARUS TETAP SANTUYYY”.

Asikin, Kepala Bidang Pengelola Tehnologi Informasi Komunikasi (PTIK) menjelaskan situs-situs web tersebut masih belum dapat diakses karena masih dilakukan analisis untuk membongkar peretasan itu.

“Pertama, yang akan dilakukan oleh Kominfo adalah melakukan analisa,” ujar Asikin di ruang kerjanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cilegon Aziz Setia Ade membenarkan bahwa 10 web milik OPD tersebut diretas.

“Untungnya, yang di-hack itu cuma subdomain alamat web OPD. Secepatnya, kita akan menyelesaikan persoalan itu,” ujar Aziz. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan