Cibeber Kembali Alami Kebanjiran, Ratusan Rumah Terkena Dampak

Ramzy
22 Mar 2020 18:47
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Akibat guyuran hujan sejak semalam, Sabtu, 21 Maret 2020, ditambah kiriman air dari gunung yang cukup deras serta aliran sungai yang semakin mengecil menyebabkan beberapa titik di wilayah Kecamatan Cibeber terkena dampak banjir, Minggu, 22 Maret 2020.

Putra salah satu warga Sambirata mengatakan, air naik di perkirakan sekitar pukul 05.30 WIB. Air tersebut menurutnya, datang dari gunung dan aliran air melalui sungai yang ada mengalami penyempitan, sehingga air meluap ke daratan hingga terjadi banjir.

“Hujan deras ditambah luapan air dari gunung yang luar biasa, terus terjadi penyempitan kali di sekitar depan Polsek, kayanya dari situ air meluap yang terimbas dataran rendah pinggir kali,” ujarnya.

Putra menjelaskan, meski pelebaran tanggul Pemda sudah dilebarkan dan ditinggikan masih saja banjir. Karena, meski tanggul Pemda sudah dilebarkan namun penyempitan di depan Polsek Cibeber masih belum dilakukan secara signifikan, ahirnya persoalan banjir masih belum teratasi secara maksimal.

“Kalau untuk kali sendiri dari tanggul Pemda yang tahun kemarin jebol itu sebenarnya sudah dilebarkan dan ditinggikan, tapi penyempitan di Polsek ini yang belum signifikan ya,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Cibeber, Kota Cilegon Noviyogi Hermawan membenarkan sejumlah wilayah di Cibeber mengalami kebanjiran.

“Iyah benar tadi informasi dari ketua RT, RW dan lurah kondisi ini. Wilayah Cibeber yaitu, Cibeber Barat, Karang Adem (Jerang), Sambirata dan Ciberko. Kalau hujan terus menerus kemunginan perumahan Pemda Cilegon pun bisa banjir,” kata Noviyogi.

Terpisah, Kepala BPBD Kota Cilegon Erwin Harahap mengaku saat ini pihaknya tengah mengevakuasi warga yang terendam banjir.
Lokasi yang terparah di wilayah Cibeber barat. Sedikitnya ada 403 jiwa dari 105 Kepala Keluarga yang rumahnya terdampak banjir di wilayah tersebut dengan ketinggian 50 sampai 100 centimeter.

“Alhamdulillah sebagian masyarakat yang terdampak luapan air sungai sudah di evakuasi. Tim saat ini tengah memantau beberapa titik sungai muali dari subgai di dekat Polsek Cibeber, Sungai di Pasar Kranggot,” tutup Erwin.(Wawan/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan