Tiga Rumah Warga di Panongan Terancam Longsor

Ramzy
1 Apr 2020 11:58
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Sebanyak tiga rumah warga yang berada di Kampung Inggung, Desa Ranca Kelapa, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang terancam longsor. Pasalnya, lokasi rumah warga tersebut berdekatan dengan kikisan tanah longsor.

Kondisi longsor terkini sudah mencapai pada bagian sisi jalan yang berada tepat di depan rumah warga.

“Jika tidak cepat ditanggulangi, maka akan memakan korban,” ujar Wanda (24) yang merupakan warga setempat kepada SuaraBantenNews, Rabu, 1 April 2020.

Wanda mengungkapkan, walaupun belum merunggut korban jiwa, kondisi tanah dianggap sangat mengkhawatirkan. Lantaran menurutnya,kondisi terkini tanah yang longsor sudah mencapai bagian sisi jalan, dengan ketinggian ke bawah mencapai sekitar 50 meter dari permukaan jalan ke tebing.

Menurutnya, kondisi tanah yang longsor di sebelah kanan jalan sudah terkikis dan kritis, sedangkan di sebelah kirinya terdapat sekitar tiga rumah warga. Jika tidak segera ditangani, kata dia, lama-lama bangunan yang berada di sekitar berupa jalan dan rumah dikhawatirkan juga akan ambruk.

“Apalagi ketebalan jalan yang dicoor tersebut hanya 5 cm,” jelasnya.

Menurut Wanda, warga belum mengetahui secara pasti penyebabnya. Namun, lanjut dia, diperkirakan akibat hujan deras yang berlangsung beberapa waktu lalu, sehingga mengakibatkan adanya pergeseran tanah dan akhirnya terjadi longsor.

Sementara itu, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin belum dapat memberikan keterangan. Wartawan SuaraBantenNews sudah berusaha menghubungi melalui sambungan telepon, namun belum dapat jawaban.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan