Waduh! Pemdes Cikuya Minta THR ke Pelaku Usaha

Ramzy
19 Mei 2020 10:28
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Lantaran Penghasilan Tetap (Siltap) yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada perangkat desa tak kunjung cair. Pemerintah Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang meminta bantuan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada sejumlah pelaku usaha.

Salah satu pedagang sembako di Desa Cikuya SN (34) membenarkan perihal adanya surat permintaan THR dari Kepala Desa Cikuya. Surat yang ia terima tertanggal Sabtu, 16 Mei 2020 itu diantar oleh seseorang yang mengaku dari staf desa Cikuya.

“Tapi besoknya staf desa tersebut datang, untuk meminta surat itu kembali atas perintah dari pihak Desa Cikuya,” ujarnya, Selasa, 19 Mei 2020.

SN sangat menyayangkan atas adanya surat permintaan THR dari Desa Cikuya tersebut. Menurutnya, dalam situasi seperti sekarang semua masyarakat ikut terdampak kesulitan ekonomi termasuk para pedagang kecil atau pedagang kaki lima (PKL).

“Harusnya kan, kami yang dibantu oleh pemerintah bukan malah pemerintah yang minta THR,” pungkasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kades Cikuya Ade Sapei mengaku, beredarnya surat yang dibuat oleh sekretarisnya itu tanpa sepengetahuannya. Tambah Ade, awalnya tidak mengetahui beredarnya surat tersebut, namun setelah ditelusuri memang benar.

“Kalau bicara kecewa saya kecewa dan marah yah, saya yang malu karena nama saya yang jelek,” ucapnya.

Ade juga merasa malu kepada masyarakat lantaran surat permintaan THR yang didalamnya jelas tertulis nama dan tanda tangannya itu kini telah viral di media sosial. Meski demikian, kata Ade, pihaknya sudah memafkan perbuatan anak buahnya itu.

“Saya memaklumi, surat dia dibuat karena sudah hampir lima bulan ini siltap bagi perangkat desa belum juga turun,” ujarnya.

Kendati demikian, atas tindakan AM Sekdesnya tersebut, Ade memberikan sanksi tegas berupa SP3 kepada AM agar tidak mengulangi perbuatannya.

“Saya tidak langsung pecat karena dalam situasi pandemi sekarang semua serba kesulitan yah saya beri sanksi SP3,” tutupnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan