Catat Tanggalnya: PPDB Kota Tangerang Dibuka Secara Online

Joe
28 Mei 2020 16:17
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020-2021 di Kota Tangerang secara keseluruhan akan berlangsung online karena tengah terjadi pandemi Covid-19. PPDB tersebut akan berlangsung mulai 11 Juni hingga 9 Juli 2020 mendatang.

“Tahun sebelumnya, PPDB online hanya dilakukan di tingkat SMP. Namun, dalam situasi saat ini, PPDB online juga kami terapkan pada tingkat SD,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia, Kamis (28/5/20).

Masyati menuturkan, jalur PPDB dilakukan melalui zonasi, afirmasi khusus untuk siswa kurang mampu yang sudah masuk data terpadu kesejahteraan sosial, dan jalur perpindahan orang tua atau wali. Khusus tingkat SMP ada tambahan jalur prestasi.

“PPDB Online dapat diakses melalui ppdbmandiri.tangerang.kota.go.id atau melalui aplikasi android Tangerang LIVE,” tegas Masyati saat ditemui di ruang kerjanya.

Terkait daya tampung, Masyati mengatakan, di tingkat SD dibagi enam zona, yaitu Zona Lingkungan Sekolah 40%, Zona Wilayah 20%, Zona Umum/Antarzona 15%, Zona luar Kota 5%, Zona Afirmasi 15%, dan Zona Perpindahan 5%.

Di jenjang SMP, Zonasi 50%, Afirmasi 15%, dan Perpindahan tugas orangtua 5%, sedangkan jalur prestasi dibagi tiga, yaitu jalur prestasi akademik/non akademik 5%, prestasi domisili dalam kota 20%, prestasi domisili luar kota 5%.

“Zona wilayah juga kami bagi tiga, yaitu zona wilayah timur, tengah, dan barat,” katanya.

Zona timur, lanjutnya, meliputi Kecamatan Ciledug, Larangan, Karang Tengah, dan Pinang. Zona tengah meliputi Kecamatan Cipondoh, Tangerang, Batuceper, Benda, dan Neglasari. Zona barat meliputi Kecamatan Periuk, Karawaci, Cibodas, dan Jatiuwung.

“Persiapan sejauh ini sudah 95 persen. Sisanya kami terus perkuat dengan sosialisasi yang hingga saat ini masih terus berjalan,” katanya.

Berikut jadwal PPDB Kota Tangerang 2020-2021:

Pendaftaran Tingkat SD

  1. Afirmasi: 11-12 Juni
  2. PerpindahanTugas Orangtua: 11-12 Juni
  3. Zonasi: 15-17

Pendaftaran Tingkat SMP

  1. Zonasi: 26-28 Juni
  2. Afirmasi: 2 Juli
  3. PerpindahanTugas Orangtua: 2 Juli
  4. Prestasi: 6-7 Juli.

(Yadi/Atm)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan