Pemkot Tangerang Siapkan Rp129 Miliar untuk Subsidi Peserta BPJS Kesehatan Kelas III Hingga Juni

Joe
28 Mei 2020 14:51
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyusun anggaran program Universal Health Coverage (UHC) atau layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kelas III gratis untuk penerima bantuan iuran (PBI) hingga bulan Juni 2020. Dari data yang diterima, nilai yang baru dianggarkan mencapai Rp129,9 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, meskipun saat ini wabah Covid-19 melanda, hal tersebut tidak akan mengganggu pelayanan masyarakat. Ia meyakinkan bahwa Pemkot Tangerang akan tetap berusaha agar program BPJS Kesehatan Kelas III gratis.

“Pasti ada anggarannya. Maksudnya, pasti tetap akan diusahakan oleh Pak Wali,” ujarnya Kamis (28/5/20).

Menurut Liza, karena sebagai mana wilayah lain, pendapatan Pemkot Tangerang juga berkurang akibat pandemi virus korona atau covid-19, ia meyakini Pemkot akan terdapat kebijakan baru dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Pemerintah Pusat.

“Kalau gak menyiapkan, pasti mereka akan minta ke Provinsi atau Pusat. Jadi, gak akan mungkin mengorbankan masyarakat. Mereka tetap dilayani,” katanya.

Dia juga menegaskan, peserta PBI akan terus mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan secara gratis.

“Gak ada itu (peserta PBI harus membayar). Itu masih ditanggung oleh negara, kecuali yang mandiri kan mereka memang swasta dan BPJS-nya tidak mungkin tidak melayani,” ucapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman menambahkan, Pemkot Tangerang tetap akan membayar BPJS Kesehatan warga untuk bulan Juli dan selanjutnya, bahkan ia mengklaim anggaran tersebut mencukupi hingga bulan Agustus 2020 nanti.

“Sesuai kebutuhan, sekarang cukup sampai dengan Agustus. Nanti ABT (Anggaran Belanja Tambahan) ditambah sampai dengan Desember,” katanya.

Pada 2019, ada 380.599 orang yang mendapatkan BPJS Kesehatan kelas III gratis dengan anggaran sebesar Rp92 miliar. Tahun ini diprediksi penerima BPJS gratis itu akan mencapai 455.051 orang. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan