Ibadah di Masjid Saat New Normal: Salat Jumat Diwacanakan 3 Gelombang

Joe
29 Mei 2020 19:38
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang saat ini tengah mengkaji dan mempersiapkan skema-skema yang akan diterapkan pada aktivitas baru atau era normal baru (New Normal) di Kota Tangerang. Salah satunya yaitu skema kegiatan di rumah ibadah.

Rencananya, jika nanti aktivitas New Normal resmi diberlakukan di Kota Tangerang. Pemkot akan mengubah skema pelaksaan salat Jumat di Kota Tangerang, baik dari segi tempat maupun waktunya.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan, pihaknya telah mewacanakan bahwa salat Jumat kemungkinan tidak hanya akan dilakukan di masjid, tetapi juga di musala.

“Mungkin nanti salat Jumat di musala juga, selain di masjid. Dan kalau misalkan di masjid, bisa dilakukan 3 kali supaya tidak satu waktu bersamaan. Misalnya, ada yang jam 12.00, 13.00, dan 14.00 WIB agar tidak terjadi penumpukan,” ujarnya di Pasar Anyar Kota Tangerang, Jumat (29/5/20).

Tapi, terang Arief, ini masih dalam rangka mempersiapkan, kapan dilaksanakan belum pasti karena saat ini masih dalam tahap pembahasan dan menunggu arahan dari Pemerintah Pusat.

“Nanti jika diizinkan, jamaah akan diberlakukan jaga jarak,  cek suhu tubuh sebelum masuk, dan ketika masuk pintu dan keluar masjid harus tertib, tidak berjubel,” ucapnya.

Arief menerangkan, kehidupan New Normal ini sebetulnya tergantung pada kedisiplinan masyarakat karena menurut hasil indikator, kasus yang terpapar covid-19 ini akan semakin menurun jika masyarakatnya semakin disiplin.

“Saat ini vaksin utamanya adalah kedisiplinan mandiri. Jadi, masyarakat selama berkegiatan di luar harus memakai masker dan menjaga jarak dan ini harus benar-benar jadi gaya hidup,” pungkasnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan