banner 468x60 banner 468x60

Untuk Kurangi Sampah di TPA Rawa Kucing DLH Tunggu Pembangunan PLTSa

Ramzy
31 Mei 2020 15:47
KONTAK KAMI 0 535
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang berharap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dapat segera direalisasikan dengan harapan agar dapat mengurangi tumpukan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

“Saat ini sedang berproses, nah itukan butuh investor. Infonya kemarin yang melelangkan PT Tangerang Nusantara Global (TNG) sebagai Badan dan Usaha Milik Daerah (BUMD),” ujar Kepala DLH Kota Tangerang Dedi Suhada, Minggu, 31 Mei 2020.

Ia menjelaskan, Kota Tangerang termasuk kota yang menjadi pilot project PLTSa yang ramah lingkungan. Penetapan itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2018.

“Memang butuh inovasi dalam rangka optimalisasi penanganan sampah. Karena kita gak mungkin menambah luas TPA lagi,” katanya.

Baca Juga :

Dia menjelaskan, setiap harinya sebanyak 1.500 ton sampah diangkut ke TPA Rawa Kucing, dimana sebanyak 62 persen diantaranya sampah organik dan 38 persen anorganik.

“Kalau nanti pengurangannya semakin bagus oleh masyarakat mungkin bisa lebih berkurang. Mungkin tinggal organiknya saja yang masuk ke TPA,” katanya.

Diketahui, PT TNG telah mengumumkan pemenang pengadaan investasi listrik tenaga sampah yang dimenangkan oleh Consortium Oligo Partners (COP). Dimana terdiri dari lima perusahaan yang ada di lima negara, diantaranya Indonesia, Malaysia, India, Amerika, dan Hongkong. Pembangunan nantinya akan dilakukan di TPA Rawa Kucing dan juga di Jatiuwung, pembangunan diperkirakan rampung pada tahun 2023.(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan