Beranda KONTAK KAMI Jumlah Pengantin Baru Berkurang Selama Pandemi

Jumlah Pengantin Baru Berkurang Selama Pandemi

0
BERBAGI

KOTA TANGERANG (SBN) — Salah satu dampak mewabahnya covid-19 adalah menurunnya jumlah pengantin di wilayah Kota Tangerang. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementrian Negara Kota Tangerang Badri Hasun, kepada SuaraBantenNews, Kamis, 16 Juli 2020.

Badri mengatakan, semenjak mewabahnya virus covid-19, jumlah warga yang menikah di Kota Tangerang mengalami penurunan. Hal itu terlihat dari laporan para kepala Kantor Urusan Agama (KUA) yang melaporkan hanya ada 5 dan 6 calon pengantin yang melaksanakan pernikahan dalam satu bulan.

“Yang nikah. Informasi dari kepala KUA, pada 3 atau 4 bulan terakhir ini malah kurang, sangat kurang,” katanya.

Menurutnya, punurunan itu terjadi mungkin karena akibat dibatasinya jumlah orang saat hendak melaksanakan pernikah dan resepsi.

Karena, terangnya, merujuk pada Keputusan Menteri Agama (KMA) itu hanya dianjurkan maksimal dihadiri oleh 10 orang saat hendak menikah dididalam gedung. Kemudian untuk diluar gedung itu juga dianjurkan hanya boleh dihadiri maksimal 20 orang.

“Mungkin itu yang membuat calon-calon pengantin dan keluarganya enggan untuk menikah dan resepsi,” ucapnya.

Dia pun menilai, lonjakan jumlah pengantin baru itu kemungkinan akan meningkat pada Bulan September atau Desember 2020, karena saat ini banyak warga yang telah menunda pernikahannya.

“Kemungkinan nanti itu sekitar September atau Desember baru membeludak,” katanya.

Dia pun menjelaskan, di KUA para calon pengantin yang menikah itu, diwajibkan untuk memenuhi protokol kesehatan. Dia pun meminta kepada para kepala KUA untuk menunda (pending) pernikahan calon pengantin yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

“Karena kami juga ditekan oleh Pemerintah supaya melaksanakan itu. Wali Kota Tangerang juga mengharapkan seperti itu, agar jangan sampai ada penularan,” pungkasnya. (Yadi/Drk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here