banner 468x60 banner 468x60

Polresta Tangerang Bekuk Kawanan Penjahat Spesialis Curanmor

Ramzy
17 Jul 2020 14:11
KONTAK KAMI 0 470
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Satuan Reserse Kriminal Polresta Tangerang meringkus 3 dari 4 tersangka kejahatan spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Ketiga tersangka yaitu ARF (23), CA (28), dan RS (23). Satu tersangka lainnya sudah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) dan saat ini sedang dalam pengejaran.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, modus para pelaku adalah dengan merusak lubang kunci sepeda motor dengan menggunakan kunci letter T. Para tersangka, kata Ade, mengincar kendaraan khususnya kendaraan roda dua yang tidak dalam pengawasan pemiliknya.

“Dalam beraksi, para tersangka berkeliling mencari kendaraan yang jauh dari jangkauan pemilik,” kata Ade di Mapolresta Tangerang, Jumat, 17 Juli 2020.

Dikatakan Ade, para tersangka memiliki perannya masing-masing. Ujar Ade, ada tersangka yang berperan mengawasi keadaan dan menjadi joki atau orang yang ditugasi mengendarai kendaraan hasil kejahatan.

“Dan ada juga yang berperan sebagai eksekutor pencurian, istilah mereka memetik kendaraan,” terang Ade.

Kepada polisi, para tersangka mengaku sudah 5 kali melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah Tangerang. Namun, terang Ade, polisi masih akan terus mendalami keterangan dari para tersangka. Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 362 dan 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Ade mengimbau para pemilik kendaraan untuk meningkatkan pengamanan dan keamanan menjaga harta benda dan diri. Ade mendorong masyarakat untuk melengkapi kendaraannya dengan kunci tambahan dan kunci rahasia.

“Jangan beri kesempatan kepada ornag untuk berbuat kejahatan. Mereka sudah niat berbuat jahat. Ketika bertemu dengan kesempatan jadilah kejahatan,” tandas Ade.(Ramzy)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan