Tangsel Kembali Sabet Juara Umum MTQ Banten dan Jadi Juara Tetap

Joe
15 Agu 2020 17:49
2 menit membaca

KOTA SERANG (SBN) — Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Banten ke XVII Tahun 2020 di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Sabtu (15/8/2020). Dalam perhelatan MTQ yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 secara penuh tersebut, Kota Tangerang Selatan dinobatkan sebagai Juara Tetap karena berhasil keluar sebagai juara umum untuk keempat kalinya.

“Dengan mengucapkan alhamdulillahi rabbil alamin, secara resmi MTQ ke-XVII Provinsi Banten tahun 2020 saya nyatakan ditutup,” ucap Wagub mengakhiri sambutannya.

Hadir pada acara tersebut Ketua Panitia MTQ Ke-XVII Provinsi Banten Soleh Hidayat, Ketua Harian LPTQ Banten KH Syibli Sarjaya dan Ketua Dewan Juri MTQ Ke-XVII Provinsi Banten KH AM Romli. Selain itu, tampak pula Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diani, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin.

Dalam sambutannya, Wagub bersyukur karena MTQ masih bisa tetap digelar meski di tengah kondisi pandemi covid-19. Wagub juga mengapresiasi karena untuk pertama kalinya MTQ digelar dengan menerapkan secara penuh protokol kesehatan.

“Ini membuktikan masyarakat Banten masih diberi rahmat berupa kekuatan untuk tetap melakukan syiar agama Islam,” kata Wagub seraya memohon masyarakat beserta alim ulama untuk mendoakan keselamatan dan kesejahteraan di Provinsi Banten.

Lebih jauh Wagub mengapresiai LPTQ Provinsi Banten yang untuk pertama kalinya memberikan penghargaan berupa LPTQ Provinsi Banten Award yang diberikan untuk mengapresiasi kepala daerah dalam melakukan pembinaan baca tulis Al-Qur’an. Tahun ini penghargaan tersebut juga diberikan kepada Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani.

“Award ini sebagai pemicu semangat para bupati/walikota dalam melakukan pembinaan baca tulis Al-Qur’an di daerahnya sehingga kita akan berlomba-lomba dalam syiar Agama Islam,” kata Wagub.

Airin diganjar LPTQ Award karena LPTQ Banten menilainya sangat berprestasi dalam melakukan pembinaan sebagaimana dibuktikan dengan diraihnya gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi Banten selama empat tahun berturut-turut sehingga dinobatkan sebagai juara tetap pada tahun ini.

LPTQ Award Provinsi Banten 2020 juga diberikan kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya untuk kategori dukungan anggaran terbesar dan kategori regulasi terbaik.

Berikutnya, LPTQ Award 2020 juga diberikan kepada Wali Kota Cilegon Edi Ariadi pada kategori dukungan sarana-prasarana paling memadai.

Peroleh skor pada MTQ ke-XVII dari peringkat 1 hingga peringkat 8 adalah:

  1. Kota Tangerang Selatan: 138 poin
  2. Kabupaten Serang: 124 poin
  3. Kabupaten Pandeglang: 75 poin
  4. Kota Tangerang: 69 poin
  5. Kota Serang: 34 poin
  6. Kabupaten Tangerang: 29 poin
  7. Kabupaten Lebak: 27 poin
  8. Kota Cilegon: 8 poin

(Hendra/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan