Tren Kasus Covid-19 Meningkat, WH Sebut Terjadi Penurunan Soliditas

Ramzy
16 Sep 2020 11:27
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Saat ini tren kasus Covid-19 di Banten mengalami kenaikan, dan berada di urutan ke-14 kasus covid se-Nasional. Pemprov Banten saat ini tengah berupaya untuk menekan kembali angka kasus Covid-19.

Gubernur Banten Wahidin Halim mendorong agar seluruh elemen agar meningkatkan soliditas, karena akhir-akhir ini, menurutnya, soliditas terjadi penurunan yang diakibatkan lamanya masa pandemi.

“Ayo kita tingkatkan soliditas. Saat ini terjadi penurunan soliditas karena lamanya pandemi Covid-19. Bahwa ini perang bersama dalam melindungi masyarakat dan diri sendiri,” ungkap Gubernur Banten dalam telekonferensi Rapat Evaluasi Pelaksanaan PSBB XI Perpanjangan Tahap 10, Selasa, 15 September 2020.

Ia menambahkan, sehingga perlu mendapatkan respon seluruh pihak di daerah zona merah, termasuk pula di daerah zona oranye. Untuk zona kuning ke zona oranye perlu diwaspadai.

“Kita harus punya semangat baru. Koordinasi lagi dan soliditas lagi,” tegas pria yang kerap disapa WH tersebut.

WH mengatakan, sejak awal Provinsi Banten memilih PSBB dalam rangka melakukan pengawasan edukasi, dan fasilitasi dalam penanganan Covid-19. Provinsi Banten keluar dari tiga besar karena PSBB Provinsi Banten lebih efektif dibanding dengan daerah lain dengan dukungan kesadaran masyarakat yang cukup baik.

“PSBB di Provinsi Banten memberikan ruang kepada pengusaha di sektor perdagangan dan industri tetap berusaha. Namun harus bertanggung jawab melaksanakan protokol kesehatan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk mencegah kasus Covid-19 untuk tidak membuka sekolah dengan tatap muka karena masih berisiko. Pasalnya, tingkat bahaya Covid-19 masih tinggi.

“Kalaupun tidak bisa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), saat ini sedang kita usahakan upaya lain,” ungkapnya.

Diakuinya, kenaikan tren Covid-19 belakangan ini dikarenakan terjadi penurunan kesadaran pelaksanaan protokol kesehatan di kalangan ASN (aparatur sipil negara). Hal itu ditunjukkan dengan munculnya klaster baru di ASN.

“Untuk itu mari kita solid, bekerja bersama sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada masyarakat,” tandasnya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan