Ketum SMSI: PWI dan SMSI Bukan Saingan, Tapi Saling Melengkapi

Joe
26 Sep 2020 22:37
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus menegaskan bahwa Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan SMSI adalah dua lembaga yang saling melengkapi. Demikian dia ungkapkan saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I SMSI di Hotel Marbella, Anyer, Kabupaten Seang, Provinsi Banten, Sabtu (26 September 2020).

Menurut Firdaus, SMSI hadir bukan untuk menjadi saingan, melainkan untuk  mendukung keberadan PWI. PWI memiliki tugas melaksanaan pendidikan dan pelatihan agar para wartawan bisa bekerja dengan profesional, sedangkan SMSI bertugas menjadikan perusahaan media siber menjadi perusahaan yang sehat agar mampu memberikan kesejahteraan kepada para jurnalisnya.

“SMSI dan PWI tak ubahnya seperti dua sisi mata uang yang satu sama lain tetap melekat dan saling melengkapi,” tegas Firdaus.

Karena itu, anggapan bahwa SMSI adalah pesaing PWI harus dihilangkan karena SMSI didirikan oleh PWI untuk menjawab tantangan zaman yang mengarah kepada era digital.

“Awalnya, SMSI di daerah dideklarasikan oleh PWI Propinsi karena memprediksi akan terjadi penurunan pembaca media cetak yang beralih ke media online,” ujarnya.

Sekarang SMSI sudah memiliki ruang berita (news room) yang akan menjadi media  besar karena ditopang oleh ribuan perusahaan media.

“Jika dikelola dengan baik, saat ini perusahaan media online bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense dan tidak lagi bergantung dari iklan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” jelasnya.

Wakil Ketua Dewan Pers Henry C.H. Bangun mengatakan bahwa salah satu keistimewaan SMSI adalah berhasil menghimpun 1.224 perusahaan media daring di 34 provinsi.

Hendry juga menyampaikan bahwa saat ini banyak media yang mulai bangkrut, terutama karena imbas pandemi. Karena itu, lewat Rakernas ini diharapkan SMSI bisa mencari jalan keluar agar media daring yang menjadi anggotanya bisa tetap bertahan, bahkan bisa terus berkembang. (Hendra/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan