Bersarang Lebih Dari 10 Hari di Badan, Virus Corona Tidak Berpotensi Menularkan

Ramzy
5 Okt 2020 12:36
1 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kabar terbaru muncul terkait perkembangan Covid-19 di Indonesia. Melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan bahwa virus Corona kini tidak lagi berbahaya, asalkan telah bersarang lebih dari 10 hari di tubuh seseorang. Sehingga pasien positif Covid-19 boleh beraktivitas, apabila telah menjalani isolasi selama 10 hari.

Juru Bicara Penangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr.Hendra Tarmidzi mengatakan, berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kemenkes RI dengan sejumlah ilmuan menghasilkan perkembangan informasi tentang Covid-19. Ia menjelaskan setelah 10 hari bersarang di tubuh seseorang Covid-19 masih berada di tenggorokan sampai 30 hari, namun kondisi virus tersebut sudah non aktif atau tidak berpotensi menularkan kepada orang lain.

“Jadi mau di Swab juga hasilnya akan positif, karena yang terdeteksi adalah jasad virus itu sendiri,” kata Hendra, Senin, 5 Oktober 2020.

Hendra menambahkan, setelah 10 hari bersarang di tubuh Covid-19 Tidak berpotensi menularkan. Sehingga, kata Hendra, virus ini sudah tidak terlalu berbahaya. Hal ini berdasarkan, penelitian yang dilakukan oleh internal pemerintah pusat. Hasil penelitian, memang setelah 10-14 hari walaupun kontak langsung, bersentuhan dan lewat droplek tidak berpotensi menularkan.

“10 hari itu di permenkes, tapi di kita (Kabupaten Tangerang) menerapkan 10-14 hari,” tutupnya.(Restu/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan