Antisipasi Banjir, Perkim Kota Serang Akan Lakukan Penataan Drainase

Ramzy
20 Okt 2020 14:43
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Dalam menghadapi musim hujan dan fenomena La Nina yang menyebabkan intensitas curah tinggi, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Serang tengah melakukan penataan drainase.

“Kalau antisipasi banjir pada pemukiman, kita coba melakukan penataan drainase,” ucap Kepala Dinas Perkim Kota Serang Iwan Sunardi saat ditemui di Setda Kota Serang, Selasa, 20 Oktober 2020.

Dia menjelaskan, jika kewenangannya adalah drainase kecil yang ada di lingkungan-lingkungan penduduk. Sementara kalau drainase besar di jalan-jalan itu ada di DPUPR.

“Kita coba akan menata jalan-jalan lingkungan sambil melihat genangan-genangan yang kemungkinan terjadi,” kata Iwan.

Menurutnya, terjadi banjir karena adanya penyumbatan saluran air, karena pembuangan sampah yang belum tersedia.

“Yang kerap langganan itu di pemukiman yang ada di Kasemen dan Cimuncang. Tetapi itu juga tidka terlepas karena kurang optimalnya drainase yang besar,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jika saat ini jumlah perumahan di Kota Serang yang sudah diserahkan ke Perkim berjumlah 48 perumahan.

“Jadi kalau yang sudah diserahkan ada program pemeliharaan, itu ada petugas yang keliling tiap hari,” tuturnya.

Saat ini sudah ada program kampung lersik dan aman, yang di dalamnya ada gotong royong masyarakat di dalam memelihara lingkungan.

“Kami, pada anggaran 2021 anggaran berpihak kepada pihaknya. Selain itu kami menghimbau kepada masyarakat agar menjaga lingkungannya, dengan jangan membuang sampah sembarangan,” harapnya.(Hendra/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan