banner 468x60 banner 468x60

Karena Cuaca Ekstrem dan Kurang Promosi, Pulau Merak Kecil Sepi Pengunjung

2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Pulau Merak Kecil yang terletak di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, sepi pengunjung. Salah satu penyebab sepinya pengunjung ke Pulau tersebut adalah cuaca ekstrem.

Henry, salah seorang pemilik perahu sewa untuk wisatawan yang hendak berlibur ke Pulau Merak Kecil, mengatakan lokasi wisata tersebut belakangan ini sepi lantaran ombak dan angin kencang membuat para wisatawan menghentikan liburannya.

Selain cuaca ekstrem, lanjut Henry, penerapan PSBB dan PPKM untuk mengurangi persebaran wabah covid-10 juga memengaruhi jumlah pengunjung lokasi wisata tersebut.

Sepinya pengunjung Pulau Merak Kecil itu tentu memengaruhi pendapatan Henry. Biasanya, pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu) seperti hari ini (Sabtu, 27/2/2021) pengunjung cukup ramai. Namun, karena cuaca ekstrem dan pandemi covid-19, lokasi wisata ini menjadi sepi dan itu membuat perekonomiannya makin terpuruk.

Henry menambahkan, Pulau Merak Kecil sepertinya tidak menarik bagi Dinas Pariwisata Kota Cilegon, padahal pulau itu dapat dijadikan destinasi wisata unggulan di Kota Cilegon. Jika Dinas Pariwisata mau mengoptimalkan, tentu destinasi wisata unggulan masyarakat Cilegon itu akan meningkatkan perekonomian  masyarakat sekitar sekaligus menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Seorang warga lainnya yang terimbas kondisi ini adalah Zahrotun, pemilik rumah makan ikan bakar. Biasanya, saat akhir pecan seperti ini rumah makannya mendapat tambahan pengunjung, yaitu para wisatawan yang berlibur ke Pulau Merak Kecil. Namun, sudah beberapa bulan usahanya pun terasa sepi.

Ia membenarkan bahwa Pulau Merak Kecil sudah lama menjadi destinasi wisata dan sudah dikenal wisatawan lokal dan luar wilayah. Namun, tampaknya kurang promosi sehingga gaungnya kurang terdengar dan para wisatawan tidak begitu banyak yang berkunjung. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan