Jelang Bulan Suci Ramadan, Jumlah PMKS di Kota Serang Kerap Melonjak

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Terkini, Berita Banten Hari Ini, Berita Serang, Berita Serang Terbaru, Berita Serang Terkini, Berita Serang Hari Ini
PMKS di Kota Serang (Hendra/Suarabantennews)
PWI-KAB

SERANG (SBN) — Wakil DPRD Kota Serang Roni Al Fanto mendorong Dinas Sosial (Dinsos) agar mengantisipasi melonjaknya jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menjelang bulan suri Ramadan.

“Untuk masalah kerap terjadinya lonjakan jumlah PMKS jelang Ramadan, ini harus segera diantisipasi oleh Dinsos,” kata Roni Alfanto saat ditemui di Gedung DPRD Kota Serang, Selasa (6/4/2021).

Roni menambahkan, Dirinya kerap melihat PMKS yang masih usia anak-anak,”Ini bisa jadi ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkannya,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Poppy Nopriadi mengungkapkan, bahwa memang menjelang bulan puasa jumlah PMKS bisa melonjak 2 kali lipat.

“Di hari normal biasanya sekitar 100-an, tapi kalau menjelang Ramadan kaya gini bisa sampai 200-an. Jadi naik 2 kali lipat,” ucapnya.

Hal tersebut, sambungnya, mungkin karena menjelang atau di bulan suci Ramadan animo masyatakat untuk bersedekah jadi tinggi.

“Kita juga sudah mengingatkan kalau mau bersedekah bisa ke lembaga terkait, atau ke tetangga yang membutuhkan, itu lebih realistis,” katanya.

Bukan berati melarang, tapi sebagian besar pengemis memanfaatkan kedermawanan para pemberinya,” ungkapnya.

Poppy menjelaskan, jika pelonjakan jumlah PMKS di Kota Serang, sambungnya, itu disebabkan karena ada limpahan dari luar daerah.

“Biasanya dari Jakarta, karenakan di sana ada pembatasan. Jadi pada pindah ke Kota Serang,” katanya.

Poppy menegaskan, jika pihaknya sudah melakukan berbagai macam upaya, bahkan pihaknya sudah bekerjasama dengan Satpol PP untuk melakukan razia dan sebagainya.

“Kita sudah sering merazia juga, cuma memang di masa pandemi ini di mana pada serba sulit. Jadi mereka pada balik lagi ke jalan,” katanya. (Hendra)

Wartawan

BANK BANTEN

Related posts

PWI-KAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *