Menelisik Keberadaan Makam Keramat Syekh Mambang di Kota Cilegon

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Cilegon, Berita Cilegon Terbaru, Berita Cilegon Hari Ini, Syekh Mambang, Syekh Pangeran Mambang, Sultan Ageng Tirtayasa, Makam Syekh Mambang, Makam Keramat Syekh Mambang, Syekh Mambang Cilegon: Menelisik Keberadaan Makam Keramat Syekh Mambang di Kota Cilegon
Pintu masuk Makam Syeh Pangeran Mambang berbarengan dengan Pintu masuk Karyawan PT KWT

CILEGON (SBN) — Dikabarkan terdapat sebuah Makam keramat dari adik ke tiga Sultan Ageng Tirtayasa, yakni Syekh Pangeran Mambang di area industri PT Krakatau Wajatama. Makam itu masuk dalam lingkungan Sukajadi RT 09/04, Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta.

Ustaz Amin Gholib membenarkan jika Makam tersebut adalah Makam Keramat Syekh Pangeran Mambang atau Pangeran Arya Lor salah satu penyebar ajaran agama islam di Kota Cilegon.

Read More

Tampak beberapa orang tengah berziarah ke Makam Syeh Pangeran Mambang (foto: hasil penelusuran map)

Ia juga merupakan putra Mahkota dari Sultan Abdul Ma’ali Ahmad atau adik ketiga dari Raja Banten Sultan Ageng Tirtayasa. Meski keberadaannya tidak populer lantaran belum banyak orang mengetahuinya, namun Makam tersebut memiliki magnet bagi para peziarah sehingga ada saja yang mengunjunginya. Bahkan dalam setahun masih terbilang ratusan orang yang mengunjunginya.

Makam itu keberadaannya terisolir oleh PT Krakatau Wajatama, sehingga tidak mudah bagi peziarah untuk mendatanginya. Selain itu, Management PT Krakatau Wajatama juga menerapkan berbagai aturan, dari mulai membatasi jam kunjungan peziarah, juga dilarang mengambil foto dan lainnya.

Saat awak SuaraBantenNews hendak memastikan keberadaan makam tersebut dan mencoba mengunjungi, petugas security melarang, padahal sebelumnya, di depan pintu Pos petugas keamanan meminta untuk menunjukkan KTP dan ID Card media, namun entah karena alasan apa sehingga awak media tidak diperbolehkan masuk.

Saat meminta untuk dihubungkan dengan Manager SDM dan Umum Catur Atmadi untuk mengonfirmasi ihwal itu, petugas keamanan mengatakan tidak dapat ditemui sekarang karena alasan sedang meeting.

“Beliau sedang meeting, kalau mau ketemu nanti tolong kirim surat terlebih dahulu.” ujar salah satu petugas keamanan.

Lurah Ramanuju Amin Hidayat saat dikonfirmasi ihwal keberadaan Makam Syekh Pangeran Mambang, membenarkan bahwa memang ada Makam Syekh Pangeran Mambang di sana. Bahkan dirinya bersama seorang Kiai pernah berziarah ke sana. (Wawan)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *