Redaksi “Menyepakati” Berita Acara RPJMD 2021-2026 Mengandung “Jebakan Batman”

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Cilegon, Berita Cilegon Terbaru, Berita Cilegon Hari Ini: Redaksi “Menyepakati” Berita Acara RPJMD 2021-2026 Mengandung “Jebakan Batman”
Suasana Paripurna Penandatangan hasil kesepakatan rancangan awal RPJMD 2021-2026

CILEGON (SBN) — Ibrohim Aswadi, anggota DPRD Fraksi Demokrat, menyoal redaksi hasil kesepakatan rancangan awal RPJMD 2021-2026 yang dinilai mengandung “jebakan Batman”. Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan apa yang menjadi usulan teman-teman DPRD tidak akan masuk dalam rancangan RPJMD 2021-2026 karena kalimat ‘menyepakati’ itu.

“Semestinya, kalimat ‘menyepakati’ itu diganti dengan kalimat lain, karena kalimat menyepakati dalam berita acara RPJMD mengandung konsekuensi hukum.” katanya di ruang Komisi II DPRD Cilegon, Senin (31 Mei 2021).

Read More

Atas kalimat ‘menyepakati’ itu, Ibrohim meminta jaminan pertanggungjawaban kepada Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj, lantaran kalimat ‘menyepakati’ dalam berita acara RPJMD mengandung konsekuensi hukum.

“Siapa yang bertanggung jawab, jika seluruh usulan yang disampaikan semua teman-teman masuk dalam rancangan RPJMD. Karena dalam klausul menyatakan bahwa kita telah ‘menyepakati’. Kalimat ini bisa menjadi “jebakan Batman”,” terangnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap, usai penandatanganan hasil kesepakatan rancangan awal RPJMD 2021-2026, yang kemudian akan ditindak lanjuti dengan pembentukan pansus, harus didahului dengan niat murni untuk kepentingan pembangunan Kota Cilegon, bukan untuk kepentingan kelompok.

Ia menerangkan, dalam pembuatan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tidak bisa dilakukan secara asal.

Sebab kata dia, RPJMD harus disusun dengan merujuk sinkronisasi Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Perlu sinkronisasi, konsistensi, selaras, dan sustainable dengan RPJPD. Tidak ujug-ujug semua yang sudah di plot pada RPJMD lalu dibuang seenaknya,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Cilegon dengan DPRD Kota Cilegon telah melakukan rapat evaluasi rancangan awal RPJMD di Jakarta pada Sabtu dan Minggu kemarin. Dan pada kesempatan itu masih banyak usulan anggota DPRD yang belum masuk dalam rancangan RPJMD 2021-2026. (Wawan)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *