Program DPWKel Kota Cilegon Dimulai, Pemkot Siapkan Anggaran 30 Miliar

Joe
3 Jun 2021 17:41
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Pemerintah Kota Cilegon mulai menggarap program Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel) tahun anggaran 2021. Namun tahun ini hanya menggunakan anggaran sebesar 30 miliar, jauh lebih kecil dibanding tahun sebelumnya, saat wabah pandemi covid-19 belum ada.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian usai peletakan batu pertama di Kelurahan Gedong Dalem, Kecamatan Jombang mengatakan, anggaran yang bersumber dari APBD itu, untuk masyarakat melalui pembangunan. Sehingga, pembangunan tersebut harus berkualitas dan tentunya harus memanfaatkan sumber daya lokal dalam pelaksanaannya.

“Berdayakan masyarakat sekitar untuk bekerja. Agar mereka bisa menikmati hasil pembangunan sekaligus hasil kerjanya.” ujar Helldy, Kamis (3 Juni 2021).

Ihwal pengawasan lanjut Helldy, akan ada pada Camat dan Lurah di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Camat Jombang Ahmad Junaedi menyampaikan, akan menyerap anggaran DPWKel untuk saran dan prasarana infrastruktur sebesar Rp2.263,557,000 pada 5 Kelurahan di wilayahnya.

Ia berharap, agar semua yang dilakukan itu dapat dirawat oleh Pokmas (Kelompok Masyarakat), sekaligus tidak boleh ada perubahan atas apa yang sudah dibangun oleh DPWKel.

“Tentunya, sarana dan prasarana jalan dapat bertambah, sehingga masyarakat dapat menikmati secara langsung.” tutupnya.

Diketahui, anggaran yang bersumber dari APBD 2021 itu akan menghabiskan sebesar 30 miliar. Peruntukannya adalah, untuk digunakan oleh 8 Kecamatan dan 43 Kelurahan. Untuk setiap Kecamatan akan menyerap rata-rata 2,2 sampai 2,4 miliar, namun itu tergantung pada kebutuhan wilayah masing-masing. Sementara untuk Kelurahan sendiri masing-masing akan menyerap sekitar 750 juta kurang lebih. (Wawan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan