720 Calon Haji Asal Cilegon Gagal Berangkat, Belum Ada Kabar Penarikan Dana Haji

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Cilegon, Berita Cilegon Terbaru, Berita Cilegon Hari Ini: 720 Calon Haji Asal Cilegon Gagal Berangkat, Belum Ada Kabar Penarikan Dana Haji
Ilustrasi (Sumber: Sindonews)
PWI-KAB

CILEGON ((SBN) — Sebanyak 720 calon jemaah haji asal Kota Cilegon kembali gagal berangkat. Hal tersebut disampaikan Kepala Kemenag Kota Cilegon Idris Jamroni, Senin (7 Juni 2021). Pembatalan pemberangkatan jemaah ini adalah yang ke dua kalinya. Alasan pembatalan itu adalah demi keamanan jemaah haji lantaran pandemi covid-19.

“Kita turut prihatin atas tidak berangkatnya calon jemaah haji. Tetapi lagi-lagi pembatalan ini karena pertimbangan teknis. Dan tentunya sampai saat ini Pemerintah Arab Saudi belum memberikan quota untuk bagaimana pemberangkatan haji tahun 2021.” ujar Idris.

Read More

Meski demikian, sejauh ini belum ada kabar tentang rencana penarikan dana haji yang telah disetor oleh calon jemaah haji. Namun jika itu ada, maka hal itu diperbolehkan namun tentunya dengan ketentuan.

“Untuk rencana penarikan alhamdulillah belum ada. Tapi kalaupun ada tentu kita akomodir.” terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama RI Yaqut Cholil Qoumas resmi mengumumkan pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah atau tahun 2021 Masehi dibatalkan. Keputusan ini disampaikan Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring pada Kamis (3 Juni 2021) lalu.

“Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya,” kata Yaqut.

Adapun alasan pembatalan itu kata dia, adalah faktor, kesehatan, keselamatan, dan keamanan jemaah haji 2021 yang terancam karena pandemi covid-19 yang melanda dunia.

Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021. (Wawan)

Wartawan

BANK BANTEN

Related posts

PWI-KAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *