Pesantren Modern Terbesar di Banten ada di Gintung, Kabupaten Tangerang

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Kabupaten Tangerang, Berita Kabupaten Tangerang Terbaru, Berita Kabupaten Tangerang Hari Ini: Pesantren Modern Terbesar di Banten ada di Gintung, Kabupaten Tangerang
Penampakan gedung-gedung Ponpes Daar el-Qolam dari udara. Asrama, sekolah, dan sarana/prasarana lainnya.

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Selain terkenal akan jawaranya, Banten juha terkenal dengan banyaknya pondok pesantren (Ponpes) salafi dan modern, yang tersebar di berbagai daerah, di delapan kabupaten kota.

Tidak heran bila selain berjukuk “Tanah Jawara”, Banten juga memilik julukan “Bumi Seribu Kiai Sejuta Santri”. Banten juga memiliki pesantren besar, yang masuk dalam katagori 10 pesantren terbesar di Indonesia.

Read More

Dia adalah Ponpes Modern Daar El-Qolam. Lokasinya berada di Desa Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang. Pesantren ini merupakan pesantren terbesar Banten, dan termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia.

Pesantren ini didirikan pada tanggal 20 Januari 1968. Lembaga pendidikan Islam ini adalah model integrasi antara sistem pendidikan pondok dengan sistem pendidikan madrasah dan sekolah.

Pesantren ini adalah gagasan Haji Qasad Mansyur yang direalisasikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief (1942-1997). Setelah K.H. Ahmad Rifa’i Arief meninggal dunia pada tanggal 15 Juni 1997, tampuk kepemimpinan pesantren dialihkan kepada adik laki-laki pertamanya, Drs. KH. Ahmad Syahiduddin dan putra pertamanya, Adrian Mafatihullah Karim.

Pesantren Daar el-Qolam mulai melakukan ekspansi yang signifikan di bawah kepemimpinan K.H. Ahmad Syahiduddin. Dari sekitar 15 hektar saat ditinggalkan oleh pendiri, Daar el-Qolam kini meluas hingga mencapai 29 hektar.

Pesantren Daar el-Qolam mendirikan Program Excellent Class, mulai pada tahun ajaran 2007/2008. Program Excellent Class akhirnya diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Maftuh Basyuni pada tanggal 21 Januari 2008, bersamaan dengan peringatan hari jadi (milad) Pesantren Daar el-Qolam yang ke-40 (5 windu).

Pembangunan Daar el-Qolam juga tidak selesai sampai situ saja. Kini, Kiyai Ahmad Syahiduddin juga sudah mengembangkan pesantren cabang Daar el-Qolam yang ketiga, yang dikhususkan untuk menangani santri tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Desa Pangkat, Jayanti, Tangerang, yang sudah selesai dalam pembangunan asrama dan gedung kelas.

Dikutip dari wikipedia, Pondok Pesantren Daar el-Qolam merupakan pondok pesantren terbesar sedaerah Banten, dengan jumlah kurang lebih 5000 jiwa. Dengan fasilitas gedung yang serba modern nan lengkap, megah, dan tertata rapih.

Bahkan, kini Daar El-Qolam memiliki Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang menghubungkan antara gedung sekolah H. M. Natsir, dan gedung sekolah Bani Sholihin. JPO ini dikhususkan untuk santriwati agar tertib dalam melintas menuju gedung H. M. Natsir.

Tidak heran bila banyak yang menyebutnya sebagai kota di tengah desa. Pada 20 Januari 2018, Pondok Pesantren Daar el-Qolam mengadakan Milad yang ke-50 tahun (setengah abad) yang begitu meriah.

Rangkaian milad tersebut dihadiri tokoh-tokoh nasional seperti Ketua MPR RI saat itu, yakni Zulkifli Hasan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudoyono, dan Musisi Rhoma Irama. (hrs)

Wartawan

Related posts