Antisipasi Banjir, BPBD Kab. Tangerang Mulai Siagakan Peralatan dan Personel

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Hari Ini, Berita Banten Terbaru, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Tangerang Hari Ini, Kabupaten Tangerang Terbaru, Peristiwa, Peristiwa Hari Ini, Peristiwa Terbaru, Berita Viral, Berita Viral Hari Ini, Berita Viral Terbaru: Antisipasi Banjir, BPBD Kab. Tangerang Mulai Siagakan Peralatan dan Personel
Apel Siaga Bencana Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Unsur TNI Polri Beberapa Waktu Lalu (dok)

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Bambang Sapto mengatakan sudah siap mengantisipasi bencana banjir pada musim hujan ini.

Ia mengaku, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi diantaranya dengan menyiapkan peralatan dan logistik, seperti perahu karet yang disiagakan di 10 pos milik BPBD Kabupaten Tangerang.

Read More

“Setiap pos kita siapkan satu perahu karet. Logistik seperti tenda darurat juga sudah. Untuk bantuan sembako itu disiapkan oleh Dinsos,” kata Bambang kepada intangerang.com, Selasa 7 Desember 2021.

Selain itu, lanjutnya, mitigasi bencana banjir secara dini juga dilakukan dengan melakukan sosialisasi baik kepada para relawan maupun kepada masyarakat melalui program kampung tangguh.

“Sebenarnya antisipasi sudah kita lakukan dari jauh hari baik dengan menyiapkan perlengkapan, logistik, dan sosialisasi mitigasi bencana ,” ulasnya

Ia juga menjelaskan, titik rawan banjir di wilayah Kabupaten Tangerang dibagi menjadi tiga kategori. Yakni, daerah rawan banjir rob, daerah rawan banjir karena luapan air sungai di musim hujan, serta daerah rawan banjir yang diakibatkan oleh sistem drainase yang buruk.

“Titiknya banyak. Kalau banjir rob itu paling rawan terjadi di Pantura seperti Kosambi. Kalau karena luapan air sungai itu di daerah yang dilintasi sungai baik yang hulunya dari Lebak maupun dari Bogor seperti Cisoka, Solear, Jayanti juga rawan. Kalau banjir karena drainase buruk itu di Gumarang,” Tuturnya

Ia menambahkan, dalam sepekan terakhir ini pihaknya juga terus melakukan pemantauan kenaikan debit air sungai di sejumlah titik yang biasa mengakibatkan bencana banjir.

“Kita juga terus menyiagakan para personel dan semua perlengkapan untuk upaya penyelamatan apabila terjadi bencana banjir,” pungkasnya. (Khi)

Wartawan

Related posts