Survei IPO: Tembus 89.6% Popularitas Wahidin Halim Kalahkan Rano Karno dan Andhika Hazrumy

  • Whatsapp

TANGERANG (SBN) – Dari hasil survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO), menunjukkan bahwa popularitas Wahidin Halim mengalahkan Rano Karno dan Adhika Hazrumy. Survei yang dilakukan di periode 29 November-2 Desember 2021, disebutkan tingkat popularitas Wahidin Halim menyentuh 89.6%, sedangkan Rano Karno 87.5%, Adhika Hazrumy 76.9% dan Iti Octavia Jayabaya 44.7 persen.

Direktur Eksekutif IPO, Dr. Dedi Kurnia Syah Putra mengatakan kegiatan survei ini dilakukan dalam rangka mengukur persentase pengetahuan empiris publik terhadap konstelasi politik di tahun
pemilihan 2024 dan Menguji preferensi pemilih apakah kinerja pemerintah daerah selama ini menjadi rujukan pemilihan atau tidak, serta mengumpulkan alasan- alasan empiris yang akan dijadikan rujukan memilih.

Melibatkan 1.200 responden yang tersebar di delapan Kabupaten/Kota Provinsi Banten. Setting pengambilan sample menggunakan teknik multistage random sampling
(MRS), atau pengambilan sample bertingkat dengan tingkat akurasi data 95% memiliki pengukuran kesalahan (sampling error) 2.50%.

Walaupun popularitas Wahidin Halim menembus angka 89.6%, menurut Dedi, popularitas masing-masing tokoh masih sangat dinamis, hal ini terlihat dari jarak antar tokoh paling popular yang masih
dekat, yakni antara Wahidin Halim, Rano Karno, Andhika Hazrumy, dan Iti Octavia Jayabaya.

Salah satu indikator yang turut serta mendongkrak poupularitas Wahidin Halim dan Andhika Hazrumy adalah tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wahidin Halim selaku Gubernur Banten dengan Wakil Gubenur Andhika Hazrumy.

Dari hasil survei dilapangan menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wahidin Halim, 57 % masyarakat puas dan 11% sangat puas. Sedangkan 23% menyatakan tidak puas dan hanya 9%
yang menyatakan sangat tidak puas.

Sementara penilaian publik kepada Andhika Hazrumy, dengan kategori puas 47% dan sangat puas 3%, sedangkan yang tidak puas dengan kinerja Andhika Hazrumy ada 28% dan sangat tidak puas 22%.

“Sejauh ini tingkat kepuasan pada kinerja Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy masih cukup mengimbangi tingkat persepsi pada Gubernur Wahidin Halim,” cetusnya.

Karena itu, lanjut Dedi, Penilaian publik dalam mengapresiasi kinerja Wahidin Halim lebih tinggi ketimbang wakilnya.

“Rerata kepuasan publik pada kinerja Gubernur Banten Wahidin Halim cukup
baik, meskipun dalam bidang politik dan penegakan hukum cenderung kecil persentasenya, tetapi masih jauh lebih besar tingkat kepuasan dibanding yang tidak,” ucap Dedi.

Survei Pilgub Banten 2024: Andhika Hazrumy dan Rano Karno Bayangi Elektabilitas Wahidin Halim

Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Gubernur Provinsi Banten, Wahidin Halim berkontribusi pada peraihan elektabilitas. Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dr. Dedi Kurnia Syah Putra, mengungkapkan dari hasil survei yang dilakukan IPO di periode 29 November – 2 Desember 2021 menunjukkan jika 33.4% masyarakat Banten, akan Kembali memilih Wahidin Halim sebagai Gubernur Provinsi Banten jika hari ini digelar pemilu.

“Sementara, ada 21.5% masyarakat yang akan memilih Andhika Hazrumy dan 13.7% memilih Rano Karno. Sedangkan Iti Octavia Jayabaya berada diurutan ke empat dengan skor 11.4%,” ungkap Dedi.

Dalam kegiatan survei, lanjut Dedi, terungkap bahwa keputusan masyarakat Banten dalam memilih calon Gubernur juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya, yakni faktor religius 31%, prestasi 21%, kejujuran 19%, ketegasan 13%, bersih 11%, dan merakyat 5%.

Lebih lanjut, Dedi mengatakan apabila hanya tiga nama yakni Wahidin Halim, Adhika Hazrumy dan Rano Karno, disodorkan ke masyarakat sebagai calon pemimpin di provinsi Banten jika hari ini digelar pemilu.

“Dari hasil survei menjukkan bahwa Wahidin Halim tetap berada diurutan nomor satu dengan tingkat elektabilitas 41,3%. Sementara di posisi ke dua ada Andhika Hazrumy 32.4% dan Rano Karno 13.3%. Sisanya 13% tidak menjawab atau rahasia,” jelasnya.

Menanggapi hasil survei IPO, Anggota DPRD Propinsi Banten, Miftahudin mengatakan popularitas dan elektabilitas Wahidin Halim terdongkrak karena publik menilai orang nomor satu di Banten tersebut sebagai sosok yang religius, tegas dan berani dalam menghadapi segala jenis isu yang berkembang baik itu positif maupun negatif.

Selama ini, lanjut dia, Wahidin memang dekat dengan para tokoh agama di Banten. Kedekatan ini diperllihatkan dengan peran aktif Wahidin dalam melibatkan tokoh-tokoh agama di Banten terkait dengan kebijakan yang dijalankan.

“Contohnya, saat Wahidin melibatkan tokoh-tokoh agama dalam membantu pemerintahannya menangkal berita bohong atau hoax. Melibatkan tokoh-tokoh agama untuk ikut serta menasehati,” tandasnya.(*)

Wartawan

Related posts