banner 468x60 banner 468x60

Pemkab Tangerang Pantau Bahan Pokok dan Pengamanan Nataru 2022

3 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang terus berupaya untuk mengantisipasi ketersediaan dan lonjakan harga bahan pokok di beberapa pasar yang ada di Kabupaten Tangerang.

Ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Tangerang dipastikan aman dan menjamin akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam menjaga ketersediaan tersebut Disperindag telah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk mengecek kebutuhan barang pokok dan penting di seluruh pasar pangan.

Tim pengendali inflasi daerah yang terdiri dari Dinas Pertanian, Perikanan, Perdagangan dan Koperasi, sudah melakukan koordinasi ke pasar-pasar yang dianggap bisa menjadikan perwakilan survey.

Perkembangan sejumlah komoditas harga bahan pokok menjelang natal dan tahun baru seperti minyak, kedelai dan cabai kali ini ada sedikit kenaikan, karena terpengaruh oleh perubahan iklim serta kondisi global yang ada. Selain harga minyak goreng yang mengalami kenaikan, komoditas lain seperti telur ayam ras juga mengalami kenaikan harga yang disebabkan oleh kelangkaan pakan.

Berikut rincian harga kebutuhan pokok hasil pemantauan pasar di Kabupaten Tangerang (22/12) : Beras IR 64 KW1 Rp.11.000 per kilogram, beras IR 64 KW2 Rp.10.000 per kilogram, beras IR 64 KW3 Rp.9000 per kilogram, gula pasir Rp.14.000 per kilogram, minyak goreng curah kemasan Rp18 000 per kilogram.

Daging sapi Rp.120.000 per kilogram, daging ayam Rp.45.000 per kilogram, ayam kampung Rp.60.000 per kilogram, telur ayam Rp.26.000 per kilogram, telur ayam kampung Rp.2.500 per butir, susu Rp.10.000 per kilogram, garam yodium bata Rp.13.000 per kantong, kacang kedelai Rp.13.000 per kilogram.

Cabai merah keriting Rp.35.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp.90.000 – 100.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp.50.000 per kilogram, cabai merah besar keriting Rp.35.000 per kilogram, bawang merah Rp.24.000 per kilogram, bawang putih Rp.25.000 per kilogram, kacang hijau Rp.28.000 per kilogram, kacang tanah Rp.28.000 per kilogram.

Sedangkan, untuk ketersediaan BBM menjelang nataru juga dalam keaadaan yang aman. Hal tersebut didasari oleh hasil rapat koordinasi dengan Pertamina. Ketersediaan BBM jenis Pertalite mencapai 887 kiloliter (KL) perhari, Pertamax sebanyak 247 kiloliter (KL) perhari dan untuk Solar sebanyak 592 kiloliter (KL) perhari.

Meski begitu, Pemkab Tangerang akan terus berupaya untuk mengatasi kenaikan harga tersebut, yaitu dengan cara melakukan koordinasi dengan distributor yang ada di Kabupaten Tangerang.

Berita Banten, Berita Banten Hari Ini, Berita Banten Terbaru, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Tangerang Hari Ini, Kabupaten Tangerang Terbaru, Peristiwa, Peristiwa Hari Ini, Peristiwa Terbaru, Berita Viral, Berita Viral Hari Ini, Berita Viral Terbaru: Pemkab Tangerang Pantau Bahan Pokok dan Pengamanan Nataru 2022

Sementara itu, dalam rangka mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19, Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama jajaran Polri, TNI, Dishub, Pol PP, Dinkes dan perwakilan organisasi kemasyarakatan menggelar Operasi Lilin Maung 2021 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang akan berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Penguatan pengamanan di masing-masing PPKM mikro, tempat perbelanjaan dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, sekaligus di tempat-tempat peribadatan dengan menyiapkan posko pelayanan (layanan P3K, gerai vaksin dan swab antigen) serta posko pengamanan. Selain ganggunan kamtibmas akibat kriminalitas di saat nataru juga waspada untuk antisipasi penanganan dan penanggulangan bencana khususnya di musim penghujan.

Berita Banten, Berita Banten Hari Ini, Berita Banten Terbaru, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Tangerang Hari Ini, Kabupaten Tangerang Terbaru, Peristiwa, Peristiwa Hari Ini, Peristiwa Terbaru, Berita Viral, Berita Viral Hari Ini, Berita Viral Terbaru: Pemkab Tangerang Pantau Bahan Pokok dan Pengamanan Nataru 2022

Untuk penanganan lalu lintas (lalin), Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang menerjunkan 170 personel yang akan disebar di sejumlah titik guna menjaga keamanan dan kegiatan masyarakat. Sepuluh titik jalur yang rawan kemacetan, dimana jalur tersebut berada di tiga wilayah hukum, yaitu Polres Kota Tangerang, Polres Tangerang Selatan, dan Polres Metro Tangerang Kota.

Untuk pengamanannya dibagi menjadi dua shift sebanyak 17 orang pada satu posko pengamanan dengan sarana dan prasarana pendukung, serta rencana operasional pengamanan Nataru seperti rambu petunjuk, water barrier, kendaraan patroli dan alat komunikasi.

Fokusnya adalah menjaga kegiatan masyarakat tetap berjalan, perekonomian tetap tumbuh, dan juga fokus pengamanan kegiatan hari natal dan tahun baru 2022. Hal ini merupakan antisipasi pemerintah terhadap hadirnya varian baru COVID-19 Omicron di Kabupaten Tangerang. (Adv)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan