banner 468x60 banner 468x60

Satbrimob Polda Banten Musnahkan Temuan Bahan Peledak di Cimanggu

Joe
11 Jan 2022 14:53
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Setelah ditemukannya bahan peledak di TKP ledakan yang terjadi di Cisaat, Desa Tangkilsari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang beberapa waktu lalu, tim Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten melakukan disposal atau pemusnahan pada Selasa (11/01/2022).

Berdasarkan informasi, usai melakukan sterilisasi dan post blast investigation di TKP ledakan, tim Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten menemukan bahan peledak flash powder. Jenis bahan peledak (Handak) yang ditemukan adalah flash powder yang termasuk kedalam low explosive.

Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho membenarkan bahwa disposal bahan peledak yang ditemukan di Cimanggu dilakukan hari ini.

“Ya benar, setelah kemarin kami menemukan barang bukti bahan peledak di lokasi ledakan, hari ini tim Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten melakukan disposal,” tutur Dwi Yanto saat dikonfirmasi.

Lanjut Dwi Yanto, Disposal tersebut dilakukan sesuai dengan protap yang ada,
“Kegiatan Disposal ini dilakukan dalam rangka penyelenggaraan fungsi kegiatan preemtif Kepolisian, khususnya Brimob,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Jibom Den Gegana Satbrimob Polda Banten AKP Edison menjelaskan bahwa disposal mortir aktif ini dilakukan di areal kosong dengan cara ditanamkan ke dalam tanah.

“Pendisposalan dilakukan dengan meletakkan bahan peledak di dalam lubang yang telah disiapkan dan dipasangkan dengan detonator yang disambungkan dengan kabel lalu diledakkan dengan alat pemicu. Lokasi disposal juga steril dari masyarakat umum,” katanya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan