Tips Lulus Masuk Sekolah Kedinasan 2022

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Hari Ini, Berita Banten Terbaru, Berita Tips, Berita Tips Hari Ini, Berita Tips Terbaru, Peristiwa, Peristiwa Hari Ini, Peristiwa Terbaru, Berita Viral, Berita Viral Hari Ini, Berita Viral Terbaru: Tips Lulus Masuk Sekolah Kedinasan 2022
Ilustrasi (Sumber: kalderanews.com)

TIPS (SBN) — Menjadi PNS merupakan impian setiap orang yang telah berhasil lulus sekolah dan mendapatkan ijazah. Pada umumnya seorang PNS harus memiliki pendidikan yang tinggi. Lantas apakah lulusan SMA/SMK bisa menjadi PNS? Bisa saja, lulusan SMA atau sederajat. Bisa jadi PNS, caranya masuk sekolah kedinasan atau sekolah kedinasan. Terutama mereka yang baru saja lulus atau yang akan lulus pada tahun tersebut. ini.

Perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan dan ingin menjadi PNS. Oleh karena itu, mengikuti bimbingan belajar di sekolah resmi merupakan solusi yang tepat bagi siswa yang memiliki kecerdasan namun terkendala oleh keadaan ekonomi yang pas-pasan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Read More

Jadi pilihan masuk sekolah kedinasan adalah pilihan yang tepat, bukan hanya biaya belajarnya yang gratis di beberapa sekolah kedinasan, kemudian setelah lulus langsung diangkat menjadi PNS. Beberapa sekolah layanan juga menyediakan uang saku dan layanan kost untuk tempat tinggal, sehingga Anda tidak perlu lagi mencari kost atau area sewaan.

Tahapan Seleksi Tes Administrasi

Saat pertama kali lulus sekolah kedinasan, tentunya Anda harus mengetahui beberapa persyaratan administrasi yang dibutuhkan di setiap sekolah kedinasan. Nilai tersebut berupa rata-rata nilai ujian pada ijazah, nilai rapor minimal selama 5 semester berasal dari kelas X dan XI (bagi yang belum lulus), atau nilai ujian yang tertera pada ijazah tidak boleh kurang dari nilai minimum/nilai yang ditentukan.

Pembuatan surat-surat penting/perlu untuk melamar

  • KTP,
  • KK,
  • SKCK,
  • Surat Keterangan Belum Menikah,
  • KTP orang tua,

Baik Fotocopy / Asli / Legalisir / Scan harus disiapkan untuk mendaftar.

Pendaftaran Seleksi Administrasi dilakukan secara online, jadi siapkan scan file pdf (soft copy) untuk diupload.

Tahapan Tes Tertulis SKD, TPA/TKB

Setelah tahapan administrasi, Anda akan menghadapi tes tertulis seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berupa Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi. Pada tahap tes SKD ini, Anda akan diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakannya. Tes ini harus diikuti oleh semua peserta sekolah resmi.

Tes Tertulis lainnya yaitu Tes Potensi Akademik atau Tes Kompetensi Bidang (TPA/TKB), biasanya untuk tes ini hanya beberapa sekolah resmi yang menerapkan artinya tidak semua sekolah resmi menerapkan tes yang tercantum ini.

Maka dari itu, selalu belajar tentang bentuk soal-soal yang diujikan. Setelah Anda terbiasa berlatih banyak soal, Anda pasti bisa mengatur kecocokan dalam mengerjakan soal dengan cepat. Anda juga bisa mencari langkah atau tips menjawab soal SKD/SKB atau TKB di Internet.

Seleksi Tes Kesehatan

Tahap Seleksi Tes Kesehatan ini sebenarnya wajib dan wajib diikuti oleh peserta yang ingin masuk sekolah kedinasan. Setiap tahun pemerintah selalu menerapkan tahapan ini dalam setiap penerimaan calon taruna/taruna atau siswa sekolah kedinasan.

Oleh karena itu, bagi mereka yang memang ingin menjadi PNS atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi secara gratis di sekolah kedinasan. Ada baiknya mulai sekarang jaga kesehatan, jaga pergaulan, hindari narkoba dan rokok, terapkan sedini mungkin untuk mengikuti Pola Hidup Sehat. Periksa kebugaran Anda secara keseluruhan sebelum tes diadakan.

Periksa Tes Kesehatan Eksternal

  • Buta warna
  • Tes Mata
  • Gigi dan mulut
  • THT
  • Tekanan darah
  • Tinggi dan Berat, dll
  • Pemeriksaan Tes Kesehatan Dalam
  • Kesehatan Paru-paru
  • Kesehatan jantung
  • Air seni
  • Darah

Tentunya Tes Kesehatan ini disesuaikan oleh masing-masing sekolah resmi. Nah dengan menjalankan pemeriksaan kebugaran mulai dari sekarang, Anda bisa mengetahui bagian mana dari penyakit yang ditemukan, kemudian Anda bisa berobat dan berkonsultasi ke dokter agar bisa sehat kembali.

Tes Seleksi Kelayakan

Dalam tes ini, Anda harus mengandalkan kemampuan fisik, seperti tes daya tahan lari. Tes ketahanan lari ini biasanya berlangsung selama 12 menit dengan beberapa kondisi dengan skor tertinggi. Karena itu, bagi Anda yang memiliki daya tahan fisik kurang, segeralah berolahraga secara rutin yaitu lari pagi dan sore hari.

Tahapan Seleksi Tes Wawancara (Interview)

Tahap ini sebenarnya adalah tahap yang paling mudah, karena kamu tidak perlu bekerja keras untuk menghafal seperti SKD/TPA bahkan Tes Psikologi. Meski ringan, hal ini sudah pasti menjadi penentu lolos atau tidaknya ke tahap selanjutnya.

Seleksi Akhir (Pantukhir)

Merupakan tahapan seleksi tes di tingkat pusat dan tingkat akhir yang biasanya meliputi semua tahapan seleksi tes yang diulang dan biasanya ditambah dengan Tes Kesehatan Jiwa. Jadi persiapkan mentalmu dengan baik ya sobat. Karena keadaan mental yang buruk mengubah seseorang terlalu banyak dalam menjalankan setiap tahapan.

Patuhi Protokol Kesehatan

Di masa pandemi virus Covid-19 ini, penerimaan calon siswa, taruna/taruna sekolah kedinasan memiliki perbedaan dengan penerimaan tahun pendaftaran. Dalam hal ini, seluruh peserta wajib mematuhi protokol kebugaran sesuai dengan Surat Edaran BKN Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Tata Cara Seleksi Metode Tes BKN Berbantuan Komputer dengan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Jika peserta tidak mematuhi protokol kebugaran berikutnya, mereka pasti tidak akan dapat mengikuti Tahapan Ujian. Khusus untuk Tahapan Tes Tertulis SKD. Oleh karena itu Anda dituntut untuk menjaga kebugaran dengan sebaik-baiknya. Sebelum ujian, disarankan untuk melakukan karantina mandiri dan mengurangi aktivitas/aktivitas di luar rumah. Gaya hidup sehat harus selalu diterapkan meski aktivitas Anda berkurang. (Sbn)

Wartawan

Related posts