Gelar Seminar Jurnalistik di JBS, Universitas Buddhi Dharma dan PWI Banten Siap Bersinergi

CILEGON (SBN) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma Kota Tangerang, Banten, mengadakan kunjungan sekaligus menggelar seminar jurnalistik bersama PWI Banten yang digelar di Journalist Boarding School (JBS) sekaligus Pusdiklat PWI Banten, Cibeber, Kota Cilegon, Rabu 14 Desember 2022.

Kunjungan dan seminar di JBS tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PWI Banten, Rian Nopandra, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Banten, Media Sucahya, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Banten, Ahmad Fauzi Chan, serta Tokoh Pers Banten yang juga Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus.

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma, Tia Nurapriyanti mengatakan, usai kunjungan dan seminar jurnalistik tersebut, pihaknya berencana untuk melakukan kesepakatan kerjasama (MoU) dengan PWI Banten dalam pengembangan jurnalistik di kampusnya.

“Nanti kita akan komunikasikan dengan pihak kampus, kebetulan mau ada raker dengan rektor. Karena ini sangat menunjang untuk pembelajaran para mahasiswa khususnya di prodi Ilmu Komunikasi, kalau disetujui oleh pihak kampus, dan saya rasa pasti akan disetujui, kita akan melakukan MoU dengan PWI Banten,” kata Tia usai kegiatan.

Tia juga menyampaikan, tujuan kunjungan dan seminar di JBS PWI Banten tersebut, yakni agar para mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi dapat lebih memahami terkait jurnalistik dari para pakar dan praktisi.

“Tujuannya untuk lebih mengenali apa itu jurnalistik secara praktis, saya berharap mahasiswa dapat memahami tentang ilmu jurnalistik dari praktisi dan pakarnya yang sudah bersinggungan langsung selama puluhan tahun. Setelah bertemu dan mendapat ilmu dalam seminar ini, saya harap mereka lebih memahami dan lebih bagus lagi dalam penulisan jurnalistik,” ujarnya.

Salah seorang mahasiswa Universitas Buddhi Dharma, Ajeng Dwiningtias mengaku sangat berkesan dengan apa yang disampaikan dalam seminar di kegiatan kunjungan tersebut.

Ajeng mengatakan, dirinya makin mendapat wawasan yang lebih luas terkait ilmu jurnalistik dari para pakar dan praktisi jurnalis Banten.

“Sangat berkesan, karena banyak ilmu yang kita dapat dan materi yang disampaikan sangat jelas. Jadi kita gampang mengerti, menurut saya ini sangat luar biasa dan memuaskan. Kalau di kampus hanya teori, disini kita dapat penjelasan dari seluruhnya, pengertiannya, teorinya, tata cara menulis dan teknik wawancara,” tuturnya.

Sementara itu, menanggapi rencana MoU Universitas Buddhi Dharma untuk pengembangan jurnalistik di kampusnya, Ketua PWI Banten, Rian Nopandra menyambut baik hal tersebut.

Pria yang akrab disapa Opan itu menyampaikan, PWI akan selalu siap bersinergi dengan seluruh pihak dalam mengembangkan jurnalistik di Banten.

“Kami sangat menyambut baik rencana Universitas Buddhi Dharma. Kita juga akan sangat terbuka untuk bersinergi dengan semua pihak dalam pengembangan jurnalistik di Banten,” pungkasnya.(*)

Wartawan

Related posts