Resmikan Masjid Baiturrahman Pasir Binong, Muktabar : Masjid harus Jadi Pusat Pendidikan Agama

Redaksi
6 Feb 2023 10:25
3 menit membaca

Kabupaten Serang | Suarabantennews.com, Dalam kunjungan (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meresmikan Masjid Baiturrahman yang berada di Kampung Pasir Binong, Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Sabtu (4/2/2023) malam. Masjid megah yang berdiri di tengah perkampungan itu pembangunannya menelan dana sekitar Rp1,7 miliar.

Peresmian itu juga disatukan dengan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra Mi’raj.

Dalam sambutannya Pj Gubernur Al Muktabar mengajak kepada seluruh masyarakat Kampung Pasir Binong untuk bersama-sama memakmurkan masjid. Bentuk memakmurkan itu tidak hanya mengisinya dengan sholat berjamaah lima waktu, tetapi juga dengan kegiatan keagamaan lainnya.

“Masjid ini cukup megah. Dari mulai pewarnaannya sampai hiasan ornamennya. Saya sendiri sangat takjub. Makanya keberadaan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk syiar dan pusat pendidikan keagamaan bagi anak-anak kita,” ungkapnya.

Dikatakan Al Muktabar, peran masjid begitu sangat sentral tidak hanya dalam pengembangan ajaran agama islam, tetapi juga sebagai pusat ia berperan sebagai pusat pendidikan (training center) bagi generasi bangsa.

Pada kesempatan itu Al Muktabar juga ikut berbaur dengan anak-anak setempat bermain marawis sebelum acara dimulai. Al Muktabar ikut menyertai dengan memainkan salah satu alat marawis yang mengiringi irama nada yang dinyanyikan.

“Tadi saya tanyakan cita-cita anak-anak yang marawis, ternyata ada satu orang yang ingin menjadi Gubernur, yang lainnya banyak yang ingin menjadi polisi, tentara dan juga dokter,” ujarnya.

Atas hal itu, lanjut Al Muktabar, ada harapan dimana masa depan bangsa ini ke depan akan banyak generasi yang melanjutkan untuk lebih baik lagi. Untuk itu kita semua harus ikut berperan mendorong anak-anak di sini untuk bisa menggapai apa yang dicita-citakan.

“Pemerintah dengan segala instrumennya juga tentu punya tanggungjawab untuk menyiapkan generasi penerus bangsa ini. Dan tempat untuk mendidik mereka itu salah satunya dari masjid ini,” pungkasnya.

Kepada para orang tua dimanapun berada, Al Muktabar berharap agar terus semangat mendorong anak-anaknya untuk meraih apa yang dicita-citakan. Dirinya yakin, meskipun kondisinya penuh dengan keterbatasan, tapi jika niat itu sudah bulat untuk diiktiarkan, jalan itu pasti ada.

“Siapa tahu nanti dari kampung ini akan ada yang menjadi Gubernur, Bupati atau Walikota, TNI/Polri atau bahkan yang lebih tinggi lagi. Kita tidak pernah tahu kedepan apa yang akan terjadi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga ikut menikmati makan malam bersama sejumlah masyarakat, alim ulama, kasepuhan serta beberapa tamu undangan. Ia menyatu tak ada jarak, duduk sama rendah sambil berbincang ringan yang dibumbui dengan gelak tawa penuh keakraban antara seorang pemimpin dengan rakyatnya.

Sementara itu ketua panitia pembangunan masjid Abdul Halim mengucapkan syukur dan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

“Mudah-mudahan kehadirannya memberikan barokah bagi masyarakat Kampung Pasir Binong,” ungkapnya.

Dikatakan Abdul Halim, awal pembangunan masjid ini dilakukan sekitar dua tahun lalu. Bermodalkan dana seadanya, dirinya bersama seluruh masyarakat, jajaran desa dan kecamatan.

“Alhamdulillah Pak Gubernur, masjid ini setelah dua tahun pembangunan bisa berdiri dan digunakan. Tinggal finishing nya saja yang belum,” katanya.

Peresmian dilakukan dengan menggunting pita oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar. Setelah itu rombongan kemudian masuk ke dalam masjid dan melihat beberapa ornamen yang ada di dalamnya, yang membuat kesan megah masjid tersebut.(rls)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan