Kelurahan Lebak Denok Gelar Pelatihan Kemampuan Relawan Siaga Bencana

Joe
24 Nov 2020 16:06
1 menit membaca

CILEGON (SBN) — Untuk menghadapi musim hujan mendatang Kelurahan Lebak Denok menggelar pelatihan peningkatan kapasitas dan kapabilitas kepada relawan siaga bencana. Pelatihan digelar bersama Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) di ruang rapat Kelurahan Lebak Denok, Selasa (24 November 2020).

Pelatihan di hadiri Halili (Lurah Lebak Denok), M. Yusuf (Sekretaris Lurah), Suherman (Ketua Karang Taruna Lebak Denok). Pematerinya adalah Rois dari BPBD Kota Cilegon.

Halili mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan SDM bagi relawan siaga bencana. Di antara materinya adalah cara menggunakan alat pemadam api ringan (apar).

“Dengan pelatihan ini relawan diharapkan menguasai penggunaan apar sehingga ketika terjadi kebakaran karena kebakaran gas rumah tangga, mereka mampu mengendalikan api agar tidak meluas,” katanya.

Selain diajarkan penggunaan apar, mereka juga diajarkan cara menggunakan alcon sebagi alat penyedot air.

Ketua Karang Taruna Lebak Denok Suherman mengatakan ia sangat mengapresiasi pelatihan tersebut. Meski terlihat kecil dan sepele, sebenarnya hal itu merupakan ilmu yang perlu dikuasai para relawan bencana agar mereka mengerti apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana di wilayahnya.

“Kami sangat mengapresiasi langkah ini dan diharapkan para relawan dapat menyerap ilmu tersebut dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (Wawan/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan