banner 468x60 banner 468x60

Nakes di Rumah Singgah Covid-19 Kota Serang Masih Pulang dan Pergi

Ramzy
2 Des 2020 09:30
SERANG 0 568
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Margaluyu di Kecamatan Kasemen, Kota Serang mulai 16 November lalu difungsikan sebagai rumah singgah Covid-19.

Rumah singgah tersebut diperuntukan untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang Orang Tanpa Gejala (OTG), berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Serang pertanggal 1 Desember kemarin sudah ada 14 orang yang mengisi.

Sekretaris Dinkes Kota Serang dr Hikmat Sumantri mengatakan, tenaga kesehatan yang ditugaskan di rumah singgah tersebut dalam sehari ada 8 orang petugas.

“Petugas 1 harinya dibagi 3 sif. 1 sifnya 2 perawat atau bidan karena kita masih kekurangan, 1 dokter dan 1 tenaga kesehatan lingkungan. Jadi semuanya ada 8,” katanya saat ditemui di ruangannya, Kantor Dinkes Kota Serang, Selasa, 1 Desember 2020.

Selain itu juga, sambungnya, ada petugas lainnya yang membantu. Seperti Office Boy (OB), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan TNI untuk mengamankan.

“Jadi kita ada perbantaun juga dari pihak-pihak terkait, karenakan kalau pengamanan bukan tugas kita, soalnya kan sebelumnya sempat terjadi penolakan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, jika tenaga kesehatan yang ditugaskan masih pulang pergi. Hal tersebut karena masih kekurangan.

“Mereka masih pulang pergi. Memang harusnya ada isolasi mandiri juga, skema 2 minggu kerja, 2 minggu libur secara standarnya, tapi karena dikita masih sedikit. Insya Allah tahun depan kita rekrut pegawai baru,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jika fasilitas untuk para pasien sudah terpenuhi, memang ada beberapa saja yangs edang proses pelengkapan.

“Insya Allah fasilitas ada, dan yang masuk ke sini gratis, tidak dikenakan biaya. Makan dan minum sudah disediakan, seprei, CCTV juga sudah kita lengkapi,” ungkapnya.

Pihaknya menganjurkan untuk OTG yang tidak bisa memenuhi syarat isolasi mandiri agar diisolasi di tempat tersebut.

“Kami sangat menganjurkan, bagi yang OTG agar isolasi di tempat ini,” tandasnya.(Hendra/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan