Pemakaman Covid-19 Bumi Ayu: Sehari Bisa Mencapai 3 Jenazah

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Tangerang, Berita Kabupaten Tangerang, Berita Covid-19: Pemakaman Covid-19 Bumi Ayu: Sehari Bisa Mencapai 3 Jenazah
Petugas sedang menggali makan untuk jenazah pasien covid-19 di TPU Bumi Ayu. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Tangerang semakin meningkat. Dalam sehari bisa ada tiga jenazah pasien covid-19 dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bumi Ayu di Desa Banyu Asin, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

Pemakaman khusus jenazah pasien covid-19 tersebut kini terus diperluas oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Awalnya, luas area TPU Buni Ayu 3.000 meter persegi dan akan diperluas secara bertahap hingga 72 hektare.

Read More

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pemakaman (DPPP) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah mengakui jumlah makam di TPU milik Pemkab Tangerang ini meningkat cepat dalam beberapa pekan terakhir ini.

“Dalam sehari bisa mencapai 3 jenazah selama 1-7 Januari 2021 ini. Bahkan, sebelum pergantian tahun 2020 sempat ada 7 jenazah yang dimakamkan dalam sehari,” kata Iwan kepada SuaraBantenNews, Kamis, 7 Januari 2021.

Iwan menambahkan, hingga saat ini ada 280 jenazah yang telah dimakamkan di TPU Bumi Ayu. Terhitung sejak tanggal 1-7 Januari 2021 sudah ada 20 jenazah, sedangkan antara Maret–Desember 2020 ada 260 jenazah yang telah dimakamkan.

“Pada tahun 2020 kita ada alokasi dana Bantuan Tak Terduga (BTT) untuk peti jenazah. Pada tahun 2021 ini masih belum tahu. Tapi kita pastikan tidak menjadi beban keluarga korban, alias gratis,” jelasnya.

Iwan menjelaskan, awalnya Pemkab Tangerang menyiapkan lahan 3.000 meter persegi untuk korban virus korona dengan kapasitas kurang lebih 1.600 lubang makam.

“TPU untuk jenazah pasien covid-19 ada areanya sendiri. Ini juga bisa dipakai untuk makam umum yang zonanya sudah kami siapkan,” tutupnya. (Restu/zie/Atm)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *