Polisi Santri Penerima 3 Pin Emas dari Kapolri

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Tangerang, Berita Kabupaten Tangerang, Berita Kepolisian: Kombespol Wahyu Sri Bintoro, Polisi Santri Penerima 3 Pin Emas dari Kapolri
Kapolresta Tangerang Kombespol Wahyu Sri Bintoro menjalin keakraban dengan Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin. (Restu Bambang/SuaraBantenNews)

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Polisi santri adalah sapaan akrab untuk Komisaris Besar (Kombes) Polisi Pol Wahyu Sri Bintoro, pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah 1 April 1977. Wahyu adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1998 dari Batalion Parama Satwika dan lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tahun 2005. Ia pun pernah mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri tahun 2012.

Wahyu adalah sosok polisi yang religius dan multi prestasi. Saat menjabat sebagai Kapolres Gresik, Wahyu menggagas program polisi santri. Program itu membuat Wahyu lebih cepat berbaur dengan masyarakat Gresik yang berpredikat sebagai kota santri.

Read More

Tak sekedar program, Wahyu menunjukkan teladan sebagai sosok polisi berjiwa santri. Saat pertama kali menjadi Kapolsek Gresik Wahyu langsung berziarah ke makam aulia seperti Sunan Gresik, Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Kiai Temenggung Puspo Negoro. Takzim terhadap ulama juga ditunjukkan oleh Wahyu. Wahyu adalah polisi santri yang mengerti betul makna toleransi dan menjalin komunikasi baik dengan pemuka agama lainnya.

Atas dedikasinya itu Wahyu didaulat sebagai Polisi Teladan Jawa Timur. Ia pun pernah mewakili Polda Jatim pada lomba polisi teladan yang berlangsung di Mabes Polri karena dipandang layak karena telah menjadi penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Kiprah wahyu di Bhayangkara juga diwarnai beragam profesi mentereng. Ia tiga kali mendapat penghargaan Pin Emas dari Kapolri. Terakhir, pada tahun 2020 pin emas diberikan atas keberhasilan Wahyu menjadi polisi teladan di Jawa Timur dan inisiator polres wilayah bebas korupsi (WBK). Selain itu, Wahyu juga mendapat sederet penghargaan lainnya, baik dari kapolri, kabaharkam, menteri, maupun kapolda.

Sebelum menjabat sebagai Kapolresta Tangerang, Wahyu menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatra Barat. Wahyu mengajak peran serta tokoh agama, masyarakat, dan pemuda dalam mencegah penyebaran narkoba. Sikap ramah dan penuh sapa yang melekat pada dirinya semoga bisa membawa kemajuan Polresta Tangerang di kemudian hari. (Restu/zie/Atm)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *