Perumdam TKR Sumbang Mobil Lab PCR ke Pemkab Tangerang

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Kabupaten Tangerang, Berita Kabupaten Tangerang Terbaru, Berita Kabupaten Tangerang Hari Ini: Perumdam TKR Sumbang Mobil Lab PCR ke Pemkab Tangerang

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Perusahaan Umum Air Minum Daerah Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang terus berkontribusi memutus mata rantai persebaran virus korona. Salah satunya dengan menyumbangkan satu unit Mobil Laboratorium PCR Test Covid-19.

Fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan pelacakan (tracing), pengetesan (testing), maupun perawatan (treatment) pasien covid-19.

Read More

Direktur Utama (Dirut) Perumdam TKR Sofyan Safar secara langsung menyerahkan bantuan laboratorium bergerak tes PCR tersebut kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Rabu (17/3/2021).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) test tersebut merupakan fasilitas pertama yang dimiliki Pemkab Tangerang dan akan sangat bermanfaat untuk menekan jumlah pasien covid-19.

Dengan tersedianya fasilitas itu, pelacakan dan pemeriksaan warga di wilayah-wilayah dengan jumlah kasus pasien covid-19 tertinggi di Kabupaten Tangerang semakin mudah dilakukan.

Laboratorium ini telah dilengkapi dengan teknologi standar organisasi kesehatan dunia (WHO). Fasilitas dengan sistem komputerisasi itu mulai dari mengekstraksi spesimen hingga didapatkan hasilnya.

Memiliki kemampuan memeriksa 96 sampel dalam waktu bersamaan selama 3-4 jam, laboratorium ini mampu melayani 200 warga per hari.

“Mobil laboratorium PCR test ini akan berkeliling. Masyarakat yang melakukan tes pun tidak dipungut biaya alias gratis,” ungkap Bupati Zaki.

Rencananya, fasilitas tersebut akan mulai dioperasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sekitar dua pekan ke depan.

Dirut Perumdam TKR Sofyan Safar berharap dengan tersedianya mobil laboratorium PCR test tersebut, persebaran covid-19 di Kabupaten Tangerang semakin dapat ditekan sebab deteksi dini penderita covid-19 semakin mudah dilakukan.

“Fasilitas ini sangat penting karena menjadi kebutuhan pemerintah daerah. Alhamdulilah kami bisa berkontribusi untuk masyarakat dan Pemkab Tangerang,” ungkapnya.

Ia juga berharap, wilayah-wilayah dengan kasus pasien covid-19 yang masih tinggi segera menurun dengan tersedianya laboratorium bergerak tersebut.

“Kami berharap fasilitas ini berfungsi maksimal sehingga Kabupaten Tangerang bisa semakin cepat mengatasi pandemi covid-19 ini,” katanya.

Perumdam TKR Permudah Layanan

Di waktu yang sama, Perumdam TKR juga meluncurkan dua gerai layanan bergerak dan aplikasi Simple TKR ((Sistem Informasi Pelanggan Perumdam Tirta Kerta Raharja).

Gerai pelayanan bergerak adalah loket pelayanan yang akan semakin mempermudah masyarakat melakukan pendaftaran sambungan baru, mengecek status pendaftaran, informasi tagihan, informasi tunggakan pembayaran, hingga penyampaian keluhan.

Sementara itu, aplikasi Simple TKR adalah pelayanan berbasis Android dan IOS yang dilengkapi berbagai fitur layanan seperti informasi tagihan, Informasi pemakaian air, lapor meteran, pengaduan, pasang baru, dan pembayaran.

Meski baru resmi diluncurkan, Sofyan mengatakan, aplikasi itu saat ini sudah diunduh 25 ribu pelanggan Perumdam TKR.

“Simpel TKR menjadi kebutuhan bersama untuk menjawab tantangan kekinian yang sudah mulai serba digitalisasi,” ungkapnya.

Ia berharap, aplikasi tersebut digunakan seluruh pelanggan dan calon pelanggan Perumdam TKR. Fitur-fitur yang tersedia semakin memudahkan pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

“Aplikasi ini juga sangat bermanfaat terutama di tengah pandemi ini yang membatasi pelayanan dengan interaksi langsung. Keaktifan pelanggan melaporkan pemakaian air misalnya, akan memudahkan kami melakukan penagihan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Perumdam TKR juga menyerahkan bantuan Mobil Laboratorium PCR Test Covid-19 serta perahu karet kepada Pemkab Tangerang. (Pan/Drk)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *