Gerbang Mapan dongkrak perekonomian masyarakat pesisir

  • Whatsapp

KABUPATEN TANGERANG (SBN) Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2013 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tangerang mencanangkan 25 program unggulan. Salah satunya yaitu Program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan). Program Gerbang Mapan merupakan sebuah program yang dibuat untuk menjalankan salah satu misi Bupati “Mewujudkan keserasian dan keseimbangan pembangunan yang berwawasan lingkungan melalui sistem perencanaan dan pengendalian tata ruang yang terstruktur, khususnya program ini dirancang untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan wilayah pesisir Kabupaten Tangerang, memperbaiki perekonomian masyarakat, perbaikan infrastuktur dasar dan membuat masyarakat menjadi lebih berdaya. Program ini merupakan sebuah program lintas sektor, yang melibatkan lebih dari satu dinas pemerintahan. Program Gerbang Mapan juga mengusung pengelolaan pesisir.

Program Gerbang Mapan yang sudah dilaksanakan setidaknya meliputi program budidaya perikanan, program rehabilitasi mangrove, program air bersih, program pengolahan produk ikan hingga perbaikan irigasi dan saluran tambak, termasuk di dalamnya perbaikan embung air.

Gerbang Mapan ini menjadi momentum kebangkitan upaya pemulihan ekomoni masyarakat pesisir sekaligus penataan kawasan pemukiman pesisir, mulai dari bangunan, sanitasi, hingga infrastruktur.

“Di Ketapang, programnya lengkap dan bervariasi. Mudah mudahan ini menjadi percontohan dari program Gerbang Mapan secara keseluruhan yang dilaksanakan di empat desa lainnya. Jadi masyarakat bisa memanfaatkan banyak hal dari pembangunan di Ketapang ini,” tegas Bupati Zaki.Bertepatan dengan perayaan HUT Kabupaten Tangerang Ke-389, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar  meresmikan Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk (13/10) dengan tema “GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera”. Di kawasan ini, sejak 2019 telah dilaksanakan pemberdayaan masyarakat, pembangunan layak huni bagi nelayan dan warga sekitar, kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budidaya udang vaname dan ikan, kawasan wisata, pengembangan dan pelatihan bagi nelayan dan warga sekitar, pengembangan ekowisata dan ekonoi kreatif.

Untuk desa  seperti Tanjung Pasir akan dikembangkan Tangerang Mangrove Center, tambak kolam pancing, tambak wanamina dan revitalisasi TPI. Kemudian Desa Suryabahari, untuk wisata kuliner, ruang pertemuan serba guna serta pasar bersih ikan asin dan seafood segar.Ada lima desa pesisir di lima kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan program Gerbang Mapan. Desa-desa tersebut antara lain Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga, Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Desa Patra Manggala Kecamatan Kemiri, Desa Surya Bahari Kecamatan Sukadiri dan Desa Kronjo Kecamaatan Kronjo

Selanjutnya, Desa PatraManggala untuk pengembangan eko wisata, tambak wanamina, mangrove nursery, dan kuliner produk bandeng. Terakhir, Desa Kronjo ada sate bandeng, produk nugget, tambak wanamina dan revitalisasi TPI

“Masih ada satu tahun lagi untuk pelaksanaan program Gerbang Mapan ini terutama pengembangan pusat-pusat perekonomian serta kawasan perumahan dan pemukiman. Nanti akan dibangun juga pasar ikan, tempat kuliner dan pengembangan koperasi-koperasi yang sudah beroperasi,” pungkas dia.

Program Gerbang Mapan juga tidak sama dari desa dengan desa yang lainnya hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan potensi desa dan tingkat keaktifan atau partisipasi masyarakat dalam Program Gerbang Mapan. ProgramGerbang Mpan ini merupakan sebuah program lintas sektor, dimana pelaksanaan program ini akan melibatkan dinas-dinas lain. Dinas atau SKPD terkait yang ikut serta dalam program ini diantaranya adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kabupaten Tangerang dengan leading sector Dinas Perikanan. Karena program memiliki tiga fokus utama yang hendak dicapai, yaitu peningkatakan perekonomian masyarakat pesisir,  perbaikan infrastuktur dasar dan membangun masyarakat pesisir yang lebih berdaya.Adapun rangkaian acara gerbang mapan menuju pesisir sejahtera tersebut diantaranya penyerahan bantuan bagi warga sekitar seperti nelayan dan pelaku usaha UMKM di wilayah sekitar, panen udang vaname, peninjauan kawasan konservasi hutan mangrove peninjauan rumah layak huni dan peninjauan tempat pelelangan ikan serta dermaga kapal nelayan. (Adv)

Wartawan

Related posts