Viral, Yatim-piatu Gagal Masuk MAN 1 Tigaraksa, Kepsek Bilang Begini

  • Whatsapp

Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tangerang, Hj. Eswa Tresnawati menanggapi pemberitaan tentang penolakan seorang anak yatim piatu (MD) yang mendaftar di MAN 1 Tangerang di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Dalam keterangan  pada Senin (11/7/22), Eswa mengklarifikasi bahwa PDB MAN 1 Tangerang dibuka melalui dua jalur. Pertama, Jalur Reguler yaitu menggunakan test (Tidak berdasarkan Zonasi). Kedua, Jalur Prestasi yaitu melalui seleksi nilai hasil rapot SMP/ Mts-nya.

“Bahwa benar calon siswa (MD) ini mendaftar di MAN 1 secara online pada tanggal 4 April sampai dengan 20 Mei 2022. Namun pada proses pendaftaran, panitia belum mendapatkan informasi mengenai kondisi ananda MD yang seorang anak yatim piatu. Ananda MD juga belum memberitahukan kondisi keluarganya,” kata Eswa.

Dia menjelaskan, Surat Yatim dan keterangan tidak mampu baru di serahkan pada tanggal 8 Juli 2022.

“Ananda MD mengikuti test PPDB secara tertulis di MAN 1 Tangerang pada tanggal 21 Mei 2022. Ananda MD dinyatakan tidak lulus berdasarkan nilai test, karena nilai seleksinya di bawah standar rangking yang telah ditetapkan oleh PPDB pada tanggal 24 Mei 2022. Ananda menempati rangking 199 dari 228 siswi peserta test masuk. Siswa yang dinyatakan lulus sampai rangking 157 siswi,” jelasnya.

Selama masa Daftar Ulang Calon siswa yaitu dari tanggal 27 Mei 2022 sampai 3 Juni 2022, MD tidak pernah menghubungi atau memberikan keterangan apapun kepada pihak sekolah atau panitia PPDB, termasuk informasi kondisinya yang seorang Yatim Piatu.

Setelah waktu PPDB MAN 1 Tangerang ditutup, satu bulan kemudian atau tepatnya pada tanggal 7 Juli 2022, Ananda MD yang diwakili oleh tetangga datang untuk menanyakan alasan tidak diterimanya MD. Serta meminta tolerasi untuk diterima menjadi calon siswa MAN 1 Tangerang.

Namun, panitia PPDB memberikan rekomendasi untuk medaftar ke sekolah KKM MAN 1 Tangerang atau ke MAN lain yang masih buka. Karena jadwal PPDB di MAN 1 Tangerang sudah ditutup sejak tanggal 3 Juni 2022.

“Pada saat ini proses PPDB MAN 1 Tangerang sudah di tutup, calon siswa baru sudah melakukan test Psikotest (20 Juni 2022) dan Penjurusan. Ananda baru konfirmasi ke sekolah pada tanggal 7 Juli 2022. Dengan ini dapat dipastikan bahwa MAN 1 Tangerang tidak menolak calon siswa tersebut. Namun ananda MD memang tidak lulus tes,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa MAN 1 Tangerang juga memiliki program bina lingkungan yang sudah beberapa tahun lalu dijalankan.

Program ini merupakan salah satu kepedulian MAN 1 Tangerang terhadap keluarga tidak mampu dan anak Yatim Piatu.

“Dalam satu tahun, MAN 1 Tangerang mampu mengakomodir sekitar 30 calon siswa dari Program Bina lingkungan. Pada tahun ini untuk jumlah siswa yang terakomodir sudah terpenuhi. Dalam MAN 1 Tangerang sendiri tercatat jumlah siswa Yatim/ Piatu dan Yatim Piatu sebanyak 56 orang. Terdapat pula siswa MAN 1 Tangerang dari keluarga tidak mampu penerima PIP kurang lebih 68 siswa pada tahun pelajaran 2020/2021 dan 58 siswa pada tahun pelajaran 2021/2022, ” paparnya.(red)

Wartawan

Related posts