Disaksikan Kajari Kabupaten Tangerang Para Anggota DPRD Teken Pakta Integritas Tidak KKN

Redaksi
4 Agu 2022 16:15
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG,  Seluruh anggota DPRD Kabupaten Tangerang bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) menandatangani pakta integristas untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam sidang paripurna dengan agenda khusus untuk acara tersebut, di Gedung DPRD, Tigaraksa, Kamis (04/08/2022).
Penandatangananan dokumen pakta integritas disaksikan langsung Kepala Kejari (Kajari) Kabupaten Tangerang, Nova Elida Saragih, bersama jajararan seperti Kasi Intel, Kasi Pidsus dan Kasi Pidum. Ketua DPRD, H. Kholid Ismail, mendapat giliran pertama menandatangan dokumen, disusul Wakil Ketua H. Astayudin, serta dilanjutkan oleh ketua-ketua fraksi, para ketua komisi dan anggota.

Namun dari 50 anggota DPRD, sebanyak 14 di antaranya tidak hadir. Menurut Kholid Ismail, belasan anggota legislatif tersebut berhalangan hadir, tetapi mereka sudah menyampaikan pemberitahuan dan alasannya.
“Rekan-rekan yang berhalangan hadir nanti akan menyusul untuk menandatangani pakta integritas tersebut. Mereka sudah menyampaikan pemberitahuan dan alasan atas ketidakhadirannya,”ujar pimpinan dewan ini.
Kajari Kabupaten Tangerang, Nova Elida Saragih, saat berbicara di forum rapat dewan tersebut menyampaikan bahwa pakta integritas para anggota DPRD tersebut adalah dokumen berisi pernyataan atau janji untuk berkomitmen melaksanakan tugas, fungsi dan tanggung jawab sesuai peran dan wewenang yang dimiliki berdasarkan ketentuan berlaku serta tidak melakukan tindakan KKN.

“Pakta integritas ini dimaksudkan untuk memperkuat pencegahan praktik-praktik KKS sekaligus menumbuhkembangkan keterbukaan serta mendorong kian meningkatnya penyelenggaraan pemerintah yang bersih, efektif dan akuntabel,”ujarnya.
Menurutnya, jika pada pada 2021 Pemkab Tangerang meraih penilaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk ke-14 kali secara berturut dari Badan Pemekriksa Keuangan (BPK), maka pada 2022 semoga prestasi serupa Kembali diraih. “Dalam kaitan itu pakta integritas para anggota DPRD ini diharapkan meruapakan salah satu langkah untuk mempertahankan prestasi tersebut,”pungkas Nova Elida.(Jay)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan