Hadiri Hari Tani Nasional, Begini Kata Lurah Kelapa Dua

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Lurah Kelapa Dua, Fahrurozi menghadiri perayaan Hari Tani Nasional  2022 yang diselenggarakan TMD bersama Universitas Pelita Harapan (UPH), di MaxxBox Lippo Karawaci, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa 27 September 2022.

Fahrurozi menegaskan bahwa pemerintah sepenuhnya mendukung sektor pertanian.

“Di tengah ketidakpastian dan ancaman krisis pangan dunia, sektor pertanian Indonesia bertahan dengan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian. Karena itulah pemerintah mendukung sektor ini sepenuhnya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia di wilayah Kelurahan Kelapa Dua dalam kurun waktu yang cukup singkat, maka kebutuhan akan pangan juga terus bertambah.

Akan tetapi, lanjut pria yang akrab disapa Oji ini, ketersediaan lahan untuk mampu memproduksi kebutuhan pangan tersebut juga terbatas akibat penggunaan lahan lebih besar digunakan untuk wilayah permukiman dan industri lainnya.

“Kawasan perkotaan harus segera mencoba memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri dan memperbaiki kondisi lingkungan agar tercipta lingkungan yang sehat dengan menerapkan pertanian perkotaan. Lahan yang tidak luas membuat pertanian perkotaan memiliki skala yang kecil-intensif dalam bentuk produksi rumahan,” ungkapnya.

Menurutnya, peran pertanian perkotaan selain dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan tetapi juga dalam aspek ekonomi, ekologi, sosial, estetika, dan edukasi.

“Dengan melakukan kegiatan ini, lahan dan sumber daya perkotaan dapat lebih teroptimalkan. Aktivitas ini dapat dilakukan dalam waktu luang dan menjadi aktivitas rekreasi bagi sebagian besar orang yang tinggal di kota,” jelasnya.

Praktik pertanian perkotaan dapat dimulai dari rumah sendiri dengan menggunakan sumber daya dan teknologi sederhana.

Manfaatkan kembali sampah organik yang dihasilkan dari rumah sendiri untuk menambah kesuburan media tanam dan memberi nutrisi pada tanaman.(zie)

Wartawan

Related posts