Teknisi Ahli Diterjunkan untuk Perbaiki Pipa Bocor Perumdam TKR di Rel Kereta Tanah Tinggi

Teknisi Ahli Diterjunkan untuk Perbaiki Pipa Bocor Perumdam TKR di Rel Kereta Tanah Tinggi

TANGERANG (SBN) — Direktur Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar menyampaikan, perbaikan pipa bocor di bawah rel kereta api Tanah Tinggi, Kota Tangerang akan dilakukan mulai hari ini, Selasa, 10 Januari 2023.

Pekerjaan perbaikan pipa tersebut memerlukan waktu sekitar 14 hari ke depan yang dilakukan oleh teknisi ahli. “Pekerjaan perbaikan pipa yang bocor ini akan berdampak pada pelayanan air bersih untuk pelanggan kami di area Bandara Soekarno-Hatta, juga suplay air ke PAM Jaya di daerah Cengkareng, Jakarta Barat,” ujarnya kepada awak media.

Sofyan menerangkan, pipa Jalur Distribusi Utama (JDU) yang bocor tersebut adalah instalasi yang terpasang sejak periode awal berdirinya Perumdam TKR yang saat itu bernama Water Leideng Bedryf pada tahun 1923, yakni pada masa Pemerintah Hindia Belanda. Fungsi JDU adalah mengalirkan air dari intake Babakan ke Batavia, atau Jakarta saat ini.

Seiring dengan berjalannya waktu serta bertambahnya lajur kereta api listrik di atasnya menjadi double track, tekanan terhadap pipa tersebut pun meningkat, sehingga seiring dengan umur pipa yang sudah tua, akhirnya mengalami kebocoran. “Sehingga kami akan mengganti pipa yang bocor tersebut dengan pipa yang kualitasnya lebih baik untuk saat ini,” imbuhnya.

Selain itu, Sofyan juga menerangkan, perbaikan pipa bocor tersebut juga akan berdampak pada layanan air bersih kepada pelanggan Perumda Tirta Benteng, perusahaan milik Pemerintah Kota Tangerang di wilayah Modernland, Bumi Mas Raya, Premier Park, Kompleks Kehakiman di Tanah Tinggi.

“Sebelumnya masyarakat di wilayah tersebut sebagai pelanggan kami di wilayah satu, tapi sudah kami serahterimakan ke Perumda Tirta Benteng beberapa waktu yang lalu. Sehingga bukan pelanggan Perumdam Tirta Kerta Raharja lagi, sehingga bukan menjadi tanggungjawab kami lagi jika terjadi gangguan layanan dan lain sebagainya,” tegasnya.

Dengan perbaikan pipa tersebut, lanjutnya, Perumdam TKR akan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah sekitar Bandara Soekarno-Hatta, serta suplay air ke PAM Jaya, perusahaan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk wilayah Warung Gantung, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan kami di wilayah Bandara Soekarno Hatta, serta pelanggan PAM Jaya di wilayah Warung Gantung, Cengkareng, karena selama perbaikan pipa bocor itu, akan terjadi gangguan layanan air bersih. Semoga perbaikan pipa ini bisa lebih cepat dari jadwal yang sudah ditetapkan,” ucapnya.

Selain perbaikan pipa bocor, Perumdam TKR juga rencananya akan memutus jaringan suplay air kepada Perumda Tirta Benteng di JDU pipa tersebut, karena sesuai kesepakatan dalam perjanjian serahterima pelanggan sekitar setahun yang lalu, Perumda Tirta Benteng akan menyediakan JDU sendiri untuk melayani eks pelanggan Perumdam TKR di wilayah Modernland, Bumi Mas Raya, Premier Park, Kompleks Kehakiman di Tanah Tinggi yang jumlahnya sekitar 9.000 sambungan langsung.

“Dengan begitu, kami bisa lebih memaksimalkan suplay air untuk masyarakat di wilayah Dasana Indah, Kelapa Dua, serta Curug yang sumber suplay air bersihnya dari intake Cikokol,” pungkasnya.(*)

Wartawan

Related posts