banner 468x60 banner 468x60

Rangkaian HPN, PWI Kabupaten Tangerang Tanam 1.000 Mangrove

Redaksi
1 Feb 2023 19:52
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Aksi menanam 1.000 bibit mangrove dilakukan pada rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dilaksanakan PWI Kabupaten Tangerang di Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Rabu, 1 Februari 2023.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sri Mulyo mengatakan, gerakan penanaman bibit mangrove penting dilakukan guna mencegah abrasi.

“Gerakan penanaman 1.000 bibit mangrove itu memberikan kemanfaatan secara ekonomi, meningkatkan ketahanan terhadap daratan, mencegah abrasi,” ungkapnya.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa gerakan penanaman mangrove perlu dilakukan karena dinilai bisa meningkatkan ketahanan dunia.

“Oleh karena itu masyarakat akan menanam dan juga secara otomatis menjadi sebuah kebutuhan secara bersama-sama. Dengan sesuai tema, tujuan saya untuk mengedukasi teman-teman untuk mencintai lingkungan,” kata Sri Mulyo.

Sementara itu, Camat Mauk Arif Rahmah Hakim menyambut baik langkah yang dilakukan PWI Kabupaten Tangerang sejalan dengan tujuan pemerintah daerah dalam  upaya pelestarian lingkungan.

Arif menyebut, pohon mangrove memiliki banyak manfaat. Antara lain dapat melindungi pengikisan tanah di wilayah pesisir, penahan abrasi, tempat berkembangbiaknya berbagai satwa, serta mampu menangkap karbon dioksida.

“Kami tahu bersama iklim di Indonesia dan dunia kini kekurangan tumbuhan yang dapat menyerap karbon dioksida. Sumber oksigen kita juga kurang karena hutan-hutan banyak ditebang. Semoga dengan penanaman hari ini, mampu membantu kerja pemerintah dalam menghasilkan oksigen,” tuturnya.

Senada, Kades Marga Mulya Abu Bakar menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PWI Kabupaten Tangerang yang telah melaksanakan kegiatan penanaman seribu bibit mangrove kali ini.

Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi alam semesta, serta melindungi bumi demi masa depan generasi mendatang.

“Kami  harus menyukseskan kegiatan yang berguna untuk ekosistem manusia. Lahan yang tersebar di Kecamatan Mauk harus kami pulihkan dengan meningkatkan produktivitas melalui kegiatan penanaman pohon dan membangun konservasi tanah dan air,” tandasnya. (zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan