19 Ekor Sapi di Kabupaten Tangerang Suspek LDS

Redaksi
9 Feb 2023 13:34
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Sebanyak 19 ekor sapi di wilayah Kabupaten Tangerang terpaksa harus menjalani proses isolasi setelah, positif terpapar dan suspek penyakit Lumpy Skin Disease (LSD). Di mana, penyakit kulit tersebut memiliki ciri benjolan di kulit hewan ternak.

“Dari hasil monitoring pertama terhadap hewan ternak ini dengan pemeriksaan sembilan sampel, ditemukan ada dua ekor hewan positif (LSD),” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada DPKP Kabupaten Tangerang, Joko Ismadi, Rabu 8 Februari 2023.

Menurutnya, kasus LSD itu diketahui pada akhir Desember 2022 lalu. Hewan potong yang terjangkit tersebut datang dari luar wilayah Kabupaten Tangerang. Saat ini, lanjut Joko, sudah dilakukan isolasi terhadap ternak tersebut serta diberi obat.

“Hewan ternak sapi ini berasal dari Boyolali ada 11 ekor, dan diturunkan di wilayah Cileles, Tigaraksa sebanyak lima ekor, sisanya di wilayah lain. Dan itu jadi penyebab adanya penyakit hewan di Tangerang,” ujarnya.

Setelah adanya dua hewan pertama yang dinyatakan positif LSD, pihaknya pun langsung melakukan penelusuran secara menyeluruh pada Sabtu, 4 Februari lalu.

“Kami kemudian menemukan lagi delapan ekor hewan ternak yang bergejala dengan terdapat benjolan di kulitnya,” ungkapnya.

Alhasil, satgas pengendalian penyakit hewan saat ini memberikan vitamin serta vaksin PMK maupun LSD. Serta, meminta kepada para peternak untuk segera melaporkan kepada petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) terdekat bila ditemukanya kasus LSD.

“Kami juga minta kandang ternak itu ditingkatkan kebersihannya, diberi desinfektan secara rutin, ternak diberikan pakan yang bersih dan berkualitas, serta pengendalian lalu lintas hewan rentan dengan segera dilakukan vaksinasi,” ungkapnya.(Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan