banner 468x60 banner 468x60

Peserta Pelatihan Kerja BLK Jalani Pembinaan Fisik dan Mental agar Disiplin dan Berkarakter

Ramzy
16 Mei 2023 19:23
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Para peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Gelombang 2 dengan pembinaan Fisik dan Mental (FDM) untuk meningkatkan kedisiplinan dan menjadi pribadi yang berkarakter. Pelatihan ini dilakukan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang melalui UPTD Balai Pelatihan Kerja (BLK).

Kepala UPTD BLK Kabupaten Tangerang, Suparman mengatakan, pembinaan fisik dan mental dilakukan sebelum peserta memulai pelatihan kerja. Bina mental dan fisik bertujuan untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan, solidaritas, dan loyalitas sebagai bekal dasar para peserta selama menjalani pelatihan.

“Pembinaan ini untuk membentuk karakter peserta, dengan harapan menghasilkan individu-individu berwawasan luas, profesional dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta memiliki sikap dan perilaku yang jujur, beretika, dan memiliki jiwa disiplin,” ucapnya.

Ia menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya juga melibatkan unsur TNI yang menjadi instruktur dalam pembinaan fisik peserta.

Pelatihan gelombang 2 ini terdiri dari 192 peserta yang dibagi menjadi 4 kejuruan dan 8 program. Di antaranya adalah desain grafis, basic office, menjahit sepatu, menjahit garmen, operator forklift, teknisi sepeda motor, teknisi AC, serta pemasangan instalasi listrik rumah sederhana.

“Sejauh ini kebanyakan peserta mengambil program kejuruan seperti garmen, menjahit sepatu, dan juga supir forklift,” katanya.

Sementara itu, Sersan Kepala (Serka) Sarijo selaku Instruktur Pembinaan Fisik dan Mental dari Kodim 0510/Tigaraksa menyampaikan, pembinaan fisik dan mental bertujuan membangun karakter peserta agar tangguh, berdisiplin tinggi, dan memiliki fisik kuat sebelum mengikuti pelatihan sesuai kejuruan masing-masing.

Dia berharap para peserta lebih semangat dan disiplin melakukan tahapan pelatihan yang digelar Disnaker Kabupaten Tangerang.

“Untuk para peserta kami ingatkan untuk terus semangat dan jangan patah semangat dalam mengikuti pelatihan ini,” ujarnya.(Rls)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan